"Hari ini terakhir pendaftaran di Gerindra. Saya sengaja mendaftar sekarang untuk memberi kesempatan pada bakal calon lain. Hari ini baik, bertepatan dengan hari besar umat Islam," katanya, di Padang, Jumat.
Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit mendaftar sebagai calon gubernur ke Partai Gerindra setempat untuk mengikuti Pemilihan Umum Kepala Daerah Sumbar 2020.

"Hari ini terakhir pendaftaran di Gerindra. Saya sengaja mendaftar sekarang untuk memberi kesempatan pada bakal calon lain. Hari ini baik, bertepatan dengan hari besar umat Islam," katanya, di Padang, Jumat.

Nasrul Abit yang juga Ketua DPD Gerindra Sumbar menyebutkan untuk calon yang akan diajukan oleh Partai Gerindra nantinya, tentu akan didiskusikan dengan DPP Gerindra.

"Nanti akan didapatkan keputusan, baik tentang siapa pasangan calon yang akan diusung, maupun apakah nantinya Gerindra berkoalisi atau tidak," katanya.
Baca juga: Wagub minta anggota DPRD perhatikan kebutuhan masyarakat Sumbar

Ia menyebut Partai Gerindra tentu akan mengutamakan kepentingan daerah sebagai salah satu pertimbangan agar Sumbar lebih baik ke depannya.

Sebelumnya, sejumlah tokoh juga telah mendaftarkan diri ke Partai Gerindra Sumbar baik sebagai calon gubernur atau calon wakil gubernur, di antaranya Shadiq Pasadigue, Edriana, Mulyadi, dan Indra Catri.

Nasrul Abit sebagai Wakil Gubernur periode 2016-2021 di antaranya mampu mengeluarkan dua kabupaten, yaitu Pasaman Barat dan Solok Selatan dari status ketertinggalan hanya dalam kurun waktu tiga tahun.

Satu-satunya daerah yang masih menyandang status tertinggal saat ini adalah Kabupaten Kepulauan Mentawai. Namun, Nasrul juga berhasil melobi dan membawa dana pusat untuk membantu akselerasi pembangunan di sana, terutama infrastruktur jalan.
Baca juga: Wagub Sumbar targetkan dana Rajawali cair jelang tahun ajaran baru

Dalam kasus kerusuhan Wamena, Papua yang mengakibatkan sembilan orang warga Sumbar tewas dan ratusan mengungsi, Nasrul Abit bersama tim turun langsung ke Wamena. Selain memberikan bantuan materiil, juga menguatkan secara moril.

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2019