Gowa (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Gowa akan menerima 138 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) baru sesuai dengan kuota yang telah disiapkan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB).

"Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) Nomor 339 Tahun 2019 tentang Penetapan Kebutuhan Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Gowa Tahun Anggaran 2019, maka penerimaan sudah bisa kita mulai," ujar Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM Gowa Muhammad Basirbdi Makassar, Sulawesi Selatan, Senin.

Untuk penerimaan tahun ini, jumlah formasi yang dibutuhkan sebanyak 138 orang, didominasi tenaga kesehatan. Masing-masing 107 formasi untuk tenaga kesehatan dan 31 sisanya untuk formasi tenaga teknis.

"Pendaftaran kita mulai hari ini. Pembukaan ini dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia, pendaftaran berakhir hingga 26 November 2019 mendatang," katanya.

Pada pendaftaran CPNS 2019 ini  pihaknya membuka formasi umum dan formasi khusus meliputi penyandang disabilitas, formasi jabatan dengan kualifikasi pendidikan S1 teknik informatika dan formasi jabatan pada unit kerja kecamatan kategori dataran tinggi.

Baca juga: Pendaftaran CPNS Mataram tertunda sehari
Baca juga: Web berpotensi down, begini tips siasati daftar CPNS


Basir mengungkapkan, pada formasi umum salah satunya dapat diikuti pelamar dengan status P1/TL, yakni kelompok peserta 1/Tidak Lulus atau tidak memenuhi nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar (SKD) dan nilai kumulatif SKD berdasarkan nilai passing grade awal.

Selain itu juga masuk dalam rangking (3 kali formasi pada SKB 2018) dengan ketentuan kualifikasi pendidikan, nama, NIK, KK yang pada saat formasi 2018 meskipun melamar pada formasi jabatan yang berbeda.

Kepala Bidang Pengadaan dan Mutasi Pegawai BKPSDM Gowa Aisyah Najamuddin mengungkapkan, seluruh informasi dapat diakses pelamar melalui akun Instagram Panselcpnsgowa.2019.

Untuk jalur syarat pendaftaran dan pelamaran antara lain. Pertama, pelamar terlebih dahulu membuat akun pada https:// sscasn.bkn.go.id dengan cara mengisi nomor induk kependudukan dan nomor kartu keluarga, biodata dan kolom lainnya, kemudian mencetak kartu informasi akun.

Baca juga: Kominfo buka pendaftaran CPNS, ini syaratnya
Baca juga: Kejagung sosialisasikan rekrutmen CPNS 2019 di CFD Jakarta


Kedua, para pelamar mengunduh formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditandatangani.

Ketiga, pelamar mengunggah hasil scan dokumen lamaran dalam format PDF pada kolom pendaftaran SSCN. Keempat, kolom unggah file scan (masing-masing 1 file dengan format PDF).

Kelima, pengunggahan berkas pelamaran hanya berlaku 1 (satu) kali dan tidak ada perbaikan setelah prosedur pendaftaran diselesaikan pada akun SSCN masing-masing pelamar.

Secara keseluruhan pemerintah membuka 152.286 formasi masing-masing lowongan di instansi pusat di 68 kementerian/lembaga sebanyak 37.425 formasi, sedangkan lowongan untuk CPNS daerah sebanyak 114.861 formasi yang tersebar di 462 pemerintah daerah.

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019