Rumah Kreatif BUMN di Pacitan ini kami dirikan untuk mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan.
Surabaya (ANTARA) - PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi Jawa Timur mendorong digitalisasi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dengan mendirikan Rumah Kreatif BUMN di Kabupaten Pacitan, Jatim.

"Rumah Kreatif BUMN di Pacitan ini kami dirikan untuk mendukung para pelaku UMKM dalam mengembangkan usahanya serta pemberdayaan ekonomi kerakyatan," kata Senior Manager General Affairs PLN UID Jatim, A Rasyid Naja dalam keterangan persnya di Surabaya, Selasa.

Rasyid mengatakan, pendirian Rumah Kreatif BUMN di Pacitan sebagai tindak lanjut dari pendirian rumah yang sama di Blitar pada 15 Agustus 2019.

"Kami berharap, Rumah Kreatif BUMN di Pacitan dapat menjadi wadah untuk para pelaku UMKM untuk mengembangkan kualitas usaha berbekal pelatihan yang berjenjang dan terstruktur sesuai kebutuhan masing–masing serta menjadi sentra edukasi dan digitalisasi usaha para pelaku UMKM di wilayah Pacitan dan sekitarnya," tuturnya.

Baca juga: PLN yakini era kendaraan listrik peluang tingkatkan konsumsi listrik

Ia mengatakan, tumbuhnya UMKM di bawah payung Rumah Kreatif BUMN diharapkan juga berdampak positif pula pada ekonomi masyarakat, khususnya digitalisasi UMKM.

"Rumah Kreatif BUMN ini sejalan dengan rencana Pemerintah Daerah Pacitan dalam upayanya untuk digitalisasi usaha UMKM, utamanya dalam mempromosikan produk maupun jasa. Oleh karena itu kami ucapkan terima kasih, semoga ke depan dapat mendorong kemajuan UMKM di Pacitan," tuturnya.

Rumah ini, kata Rasyid akan dikelola oleh PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur bekerja sama dengan Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna (Pertakina) Pacitan.

"Kami juga akan melakukan program pembinaan, pendampingan usaha, pelatihan rutin dan pengelolaan ruang pameran produk yang merupakan serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM dalam mendorong perkembangan usahanya," katanya.

Salah satu pelaku UMKM minuman herbal asal Pacitan, Dwi Puji Astuti mengapresiasi keberadaan rumah ini, sebab dapat membantu dalam pemasaran produk UMKM.

"Dengan adanya rumah ini sangat membantu kami dalam pemasaran produk UMKM. Selain itu, melalui pelatihan-pelatihan yang diberikan juga akan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Pacitan," katanya.
Baca juga: UMKM binaan Pertamina raih transaksi hingga Rp7 miliar di TEI 2019

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2019