Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Bina Marga terus meningkatkan kemantapan ruas jalan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara.

Pada tahun 2019, anggaran peningkatan jaringan jalan Danau Toba sebesar Rp312 miliar yang digunakan untuk beberapa kegiatan di antaranya rekonstruksi jalan, pelebaran, rehabilitasi, pemeliharaan rutin, dan penggantian jembatan.

“Akses jalan yang semakin baik akan menunjang perekonomian masyarakat di kawasan wisata,” kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam keterangan tertulis di Jakarta, Jumat.

Baca juga: Toba Caldera Resort diharapkan jadi penggerak baru perekonomian Sumut

Menteri Basuki mengatakan ketersediaan infrastruktur jalan dengan kondisi mantap akan mengakselerasi pengembangan destinasi wisata setempat dan memudahkan wisatawan mencapai lokasi wisata.

Target penanganan ruas jalan Danau Toba pada tahun 2019 sepanjang 487,27 kilometer meliputi pekerjaan preservasi dan pelebaran Jalan Pangururan-Ambarita-Tomok-Onan Runggu (76,9 kilometer), Jalan Tele-Pangururan-Nainggolan-Onan Runggu (69 kilometer), Jalan Tebing Tinggi-Pulua Siantar-Parapat (109,9 kilometer). Ketiganya menggunakan skema kontrak tahun jamak atau multi years contract (MYC) sebesar Rp265,70 miliar.

Kemudian dua pekerjaan pemeliharaan rutin preventif dan rekonstruksi jalan dengan biaya Rp90,1 miliar yakni ruas jalan Batas Kabupaten Dairi Dolok Sanggul-Siborong Borong-Batas Kabupaten Tobasa-Silimbat-Parapat-Silangit-Bandara Silangit (162,74 kilometer) dan di Batas Provinsi Aceh-Batas Kota Sidikalang Panji-Merek-Batas Kabupaten Dairi-Batas Kabupaten Samosir dan Jalan Dalam Kota Sidikalang (85,33 kilometer).

Baca juga: Gubernur minta pembangunan Medan-Binjai-Deliserdang diselesaikan

Selain itu juga dilakukan rehabilitasi dan pemeliharaan rutin 3 titik jembatan di Jalan Batas Kabupaten Dairi-Dolok Sanggul-Siborong Borong-Batas Kabupaten Tobasa-Silimbat-Parapat-Silangit-Bandara Silangit (2,02 kilometer) dengan biaya Rp2,37 miliar dan 2 titik jembatan di ruas Batas Provinsi Aceh-Batas Kota Sidikalang Panji-Merek-Batas Kabupaten Dairi-Batas Kabupaten Samosir dan Jalan Dalam Kota Sidikalang (378,4 meter) dengan biaya Rp344,797 juta serta penggantian Jembatan Tano Ponggol sepanjang 170 meter dengan biaya Rp3,65 miliar.

Dari total panjang ruas Jalan Danau Toba 487,27 kilometer, hingga 14 Oktober 2019 progres fisik penanganannya mencapai 56 persen atau sepanjang 296,15 Km.

Kawasan wisata Danau Toba merupakan salah satu KSPN super prioritas yang dikembangkan Pemerintah untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara. Sektor pariwisata diharapkan menjadi sektor andalan untuk mendatangkan devisa, membuka lapangan kerja dan meningkatkan pertumbuhan ekonomi lokal dan wisata.

Baca juga: Mendag resmikan Balai Pengawasan Tertib Niaga di empat wilayah

Pewarta: Ahmad Wijaya
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2019