Kudus (ANTARA) - Ustaz Abdul Somad (UAS) tetap hadir di Pondok Pesantren Anak Berkebutuhan Khusus Al Achsaniyyah Pedawang, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, meskipun acara tablig akbar ditiadakan, Selasa.

Abdul Somad yang hadir Selasa sore, kemudian usai salat Magrib mendapat kehormatan untuk melakukan peletakan batu pertama pembangunan gedung untuk ruang pertemuan maupun keterampilan.

Abdul Somad bertemu dengan para santri Ponpes Al Achsaniyyah yang merupakan anak berkebutuhan khusus dan berbincang-bincang sebentar.

Abdul Somad juga mendapat kesempatan melelang tiga lukisan hasil karya santri yang total sebesar Rp9 juta.

Uang hasil lelang tersebut akan digunakan untuk pembangunan aula maupun ruang keterampilan.

Baca juga: Ustaz Abdul Somad tidak persoalkan pengajiannya direkam

Karena tablig akbar dengan tema Urip Iku Urup ditiadakan, Abdul Somad diberikan kesempatan untuk menyampaikan kesan dan pesannya selama 7 menit.

"Sebelum saya hadir, saya bilang kepada Kiai Muhammad Faiq Aftoni pengasuh Ponpes Al Achsaniyyah jika kehadiran saya menimbulkan kebaikan akan datang. Sebaliknya, jika memberatkan, tidak akan datang," kata Abdul Somad saat diminta memberikan kesan dan pesan terkait dengan Ponpes Al Achsaniyyah Kudus.

Ia berpikir positif saja karena caci maki maupun sumpah serapah tidak akan menyelesaikan masalah.

Selain itu, dia juga mengalir seperti air karena kehadirannya memang atas keinginan sendiri.

Ia tertarik untuk hadir di pondok yang mendidik anak berkebutuhan khusus.

"Biarlah kehadiran saya juga untuk mempromosikan Ponpes Al Achsaniyyah," ujarnya.

Baca juga: Persatuan umat diserukan UAS dari Bangka Belitung

Pada kesempatan tersebut, dia mengatakan bahwa para pengasuh pondok untuk anak berkebutuhan khusus ini sungguh memiliki kasih sayang yang melimpah sehingga masuk ke dalam hati anak-anak.

"Siapa yang akan menyelamatkan anak-anak berkebutuhan khusus jika bukan oleh pondok ini," ujarnya.

Untuk itulah, dia mengajak masyarakat yang memiliki harta untuk membantu atau punya tanah untuk diwakafkan kepada pihak Ponpes Al Achsaniyyah.

"Saya juga berharap pondok untuk anak berkebutuhan khusus seperti di Kudus ini akan bertambah dan tersebar di sejumlah daerah di Tanah Air," ujarnya.

Menurut dia, perlu bermimpi akan ada 1.000 Pondok Al Achsaniyyah.

Sementara itu, Pengasuh Ponspes Al Achsaniyyah Kiai Muhammad Faiq Aftoni mengungkapkan bahwa kehadiran Ustaz Abdul Somad memang atas keinginan sendiri yang memiliki rasa kepedulian terhadap anak berkebutuhan khusus.

Terkait dengan rencana tablig akbar, kata dia, dalam rangka penggalangan dana untuk pondok yang hendak membangun ruang aula atau keterampilan.

Karena demi kemaslahatan, kata dia, akhirnya ditiadakan.

"Alhamdulillah, mendapatkan bantuan sebesar Rp50 juta," ujarnya.

Baca juga: Wapres imbau pendakwah agama sampaikan khotbah yang damai

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2019