Mudahkan akses transaksi nontunai, LinkAja gandeng Pegadaian

id akses transaksi non-tunai,linkaja,pegadaian

Mudahkan akses transaksi nontunai, LinkAja gandeng Pegadaian

Direktur Utama LinkAja Danu Wicaksana (kedua dari kanan) menyerahkan cenderamata kepada Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto (keempat dari kiri). (Dokumentasi LinkAja)

Jakarta (ANTARA) - PT Fintek Karya Nusantara (Finarya) atau LinkAja menjalin sinergi dengan PT Pegadaian (Persero) guna memudahkan akses transaksi non-tunai di seluruh wilayah Indonesia.

“Kerja sama LinkAja dengan PT Pegadaian (Persero) merupakan bentuk sinergi untuk negeri dalam memberikan edukasi secara konsisten dalam mengubah kebiasaan masyarakat Indonesia yang menggunakan uang tunai menjadi nontunai, serta optimalisasi jangkauan ke seluruh masyarakat Indonesia untuk memberikan layanan keuangan yang efisien," ujar Direktur Utama LinkAja Danu Wicaksana dalam keterangan resminya di Jakarta, Selasa.

Danu berharap bahwa point of services LinkAja yang mencapai lebih dari seratus ribu titik di seluruh Indonesia dapat semakin memberikan kemudahan berarti bagi para pengguna untuk bertransaksi nontunai.

Baca juga: Menteri Rini apresiasi inovasi LinkAja menjadi pembayaran baru KRL

Selama tiga tahun terakhir, pertumbuhan transaksi uang elektronik jauh di atas rata-rata alat pembayaran digital lainnya. Pertumbuhan tersebut mencapai dua hingga tiga kali lipat dari tahun – tahun sebelumnya, serta jauh di atas rata-rata alat pembayaran melalui kanal digital lainnya.

Namun, perkembangan pesat uang elektronik hingga saat ini belum merata di Indonesia, terlihat dari pola adopsi yang masih didominasi oleh masyarakat yang tinggal di kota-kota besar dan memiliki akun perbankan.

Padahal salah satu fungsi utama uang elektronik sejatinya untuk membantu mencapai inklusi keuangan di Indonesia, sehingga masih menjadi tugas bagi semua pemain uang elektronik, termasuk LinkAja, untuk menyentuh masyarakat yang belum memiliki akses perbankan (unbanked) di seluruh Indonesia.

Baca juga: Go pay, Ovo dan LinkAja bersaing jadi penyedia QR Code MRT Jakarta

LinkAja menyadari keberadaan tantangan utama yang ada di tengah masyarakat dalam penggunaan uang elektronik, yaitu akses terhadap layanan keuangan yang masih terbatas.

Untuk menjawab tantangan tersebut, LinkAja bekerja sama dengan PT Pegadaian (Persero) selaku BUMN sektor keuangan Indonesia, untuk menyediakan titik penerimaan setoran uang tunai bagi yang ingin menambah saldo rekening LinkAja (Cash In) dan titik pencairan atau penarikan uang tunai dari saldo rekening LinkAja (Cash Out) di 4.147 outlet Pegadaian seluruh Indonesia yang tersebar di 34 provinsi.

Penandatanganan kerjasama tersebut dilakukan oleh Direktur Utama LinkAja Danu Wicaksana dan Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto.

Pewarta : Aji Cakti
Editor: Budi Suyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar