Palembang (ANTARA) - Jajaran Korem 044/Garuda Dempo menggelar nonton bareng atau secara bersama film Pengkhianatan G30S/PKI di setiap Koramil dalam wilayah Kodim 0430/Banyuasin, Sumatera Selatan.

"Nonton bareng itu untuk menanamkan pendidikan sejarah bangsa di kalangan masyarakat terutama generasi muda," kata Komandan Kodim 0430/Banyuasin Letnan Kolonel Arh Alfian Amran dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Palembang, Selasa.

Dengan nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI itu diharapkan dapat menumbuhkan rasa nasionalisme dan cinta Tanah Air serta memiliki rasa persatuan dan kesatuan. Selain itu masyarakat dapat memahami bahwa paham Komunis dilarang di Indonesia sehingga perlu pendidikan sejak dini.

Menurut dia, antusias warga masyarakat untuk memahami sejarah kelam Bangsa Indonesia pada peristiwa pengkhianatan PKI pada 30 September 1965 itu tinggi.

"Ini terbukti warga masyarakat sendiri yang meminta kepada para Babinsa atau komandan Koramil agar diadakan acara nonton bareng film Pengkhianatan G30S/PKI. Mereka pun sangat khidmat dalam menyaksikan film itu yang diharapkan mereka akan lebih mencintai Tanah Air," kata dia.

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2019