Pemkab Batang-ANTARA kerja sama bidang informasi pelayanan publik

id Pemkab Batang-LKBN Antara,videotron

Pemkab Batang-ANTARA kerja sama bidang informasi pelayanan publik

Bupati Batang Wihaji menandatangani nota kesepahaman dengan Perum LKBN ANTARA yang diwakili Sekretaris Perusahaan Iswahyuni di Jakarta, Rabu (25/9/2019). ANTARA/HO/Humas Batang

Batang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah menjalin kerja sama dengan Perum Lembaga Kantor Berita Nasional ANTARA terkait dengan bidang informasi pelayanan publik melalui tayangan videotron yang akan dipasang di tepi Jalan Sutomo, Kabupaten Batang.

Bupati Batang Wihaji pada siaran pers yang diterima di Batang, Rabu, mengatakan saat ini pemkab sudah memiliki dua layanan publik melalui videotron setelah adanya kerja sama dengan Perum LKBN ANTARA dalam rangka mengisi konten informasi program yang lebih informatif.

"Kerja sama ini sangat dinantikan oleh pemkab karena pada era revolusi industri 4.0 peran media digital sudah menjadi kekuatan informasi publik," katanya.

Ia mengatakan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding) telah dilaksanakan Pemkab Batang dengan Direktur Perum LKBN ANTARA yang diwakili  Sekretaris Perusahaan Iswahyuni di Jakarta, Rabu.

Pada era revolusi industri dengan persaingan yang semakin ketat, kata dia, informasi program pemerintah dan promosi potensi unggulan daerah dapat diketahui di seluruh Indonesia, bahkan seluruh penjuru dunia melalui digital medianya.

"LBKN ANTARA sebagai medianya pemerintah tentunya informasi beritanya lebih cepat, tepat dan antihoaks dan membangun opini yang baik, serta bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Baca juga: Menkominfo: Komisi Informasi Publik harus lebih digital

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Batang Jamal Abdul Naser mengatakan jalinan kerja sama layanan informasi dengan Perum LKBN ANTARA sebagai strategis karena terkait dengan berita dan informasi dari Pemkab Batang tentang potensi daerah, kegiatan pemerintahan, serta kemasyarakatan.

"Kerja sama ini sebagai media promosi (Pemkab Batang, red.) agar lebih dikenal di tingkat nasional maupun dunia. Oleh karena itu, kita butuh juga kerja sama dengan organisasi perangkat daerah untuk mengisi kontennya karena 60 persen LKBN ANTARA dan 40 persen berita daerah," katanya.

Kerja sama media digital untuk dalam ruangan dan luar ruangan, yang rencananya memasang satu unit videotron itu, kata dia, dengan anggaran Rp2,5 miliar yang dibiayai oleh Perum LKBN ANTARA, sedangKAN media dalam ruangan oleh Pemkab Batang.

"Media digital ini akan dipasang di ruang tunggu RSUD Batang, Dinas Catatan Sipil dan kantor dinas lainnya. Media 'indoor' rencananya akan dipasang mulai November 2019 sedang media 'outdoor' pada 2020 yang lokasinya di Jalan Dr Sutomo atau Taman Kota Batang yang kini masih dalam proses pembangunan," katanya.

Sekretaris Perusahaan Perum LKBN ANTARA Iswahyuni mengatakan bahwa layanan media informasi Kantor Berita ANTARA siap membantu menyiarkan layanan informasi melalui media digital.

"Kita sudah siapkan digital media untuk 'outdoor' dan 'indoor'. Kerja sama digital media siap menyiarkan informasi, sosialisasi, dan program pemerintah," katanya.

Ia mengatakan oleh karena Pemkab Batang yang kini sedang giat promosi sebagai wilayah kabupaten investasi dan wisata, maka kerja sama melalui informasi digital itu dibutuhkan.

"Sektor pariwisata merupakan salah satu program pemerintah untuk mendukung pertumbuhan ekonomi sehingga sangat potensi sekali kita tayangkan di media digital yang bisa diakses oleh masyarakat," kata Iswahyuni. 

Baca juga: Mataram-LKBN Antara tandatangani nota kesepahaman informasi publik
Baca juga: Pemkot Ambon-ANTARA teken MoU layanan informasi publik
 

Pewarta : Kutnadi
Editor: M. Hari Atmoko
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar