Oleh karena itu, kerja sama kepolisian di antara negara-negara anggota ASEANAPOL sangat penting dalam upaya mewujudkan kemajuan dan kesejateraan, kata Tito
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan, untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan ekonomi negara-negara di kawasan Asia Tenggara diperlukan stabilitas keamanan yang baik.

Melalui siaran pers yang diterima di Jakarta, Kamis, pernyataan tersebut disampaikan Kapolri saat didaulat memberi sambutan atas nama Kepala Kepolisian anggota ASEANAPOL dalam kunjungan resmi para Ketua Delegasi Negara-negara Anggota ASEANAPOL kepada Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Hanoi, Vietnam.

Tito mencontohkan negara Vietnam yang mengalami kemajuan yang pesat dengan pertumbuhan ekonomi mencapai 6,76 persen pada semester pertama tahun 2019 yang merupakan pertumbuhan tertinggi di antara negara-negara ASEAN.

"Hal tersebut tentu tercapai karena stabilitas keamanan dalam negeri yang baik dibawah kepemimpinan perdana menteri. Oleh karena itu, kerja sama kepolisian di antara negara-negara anggota ASEANAPOL sangat penting dalam upaya mewujudkan kemajuan dan kesejateraan," kata Tito lewat keterangan tertulisnya.

Baca juga: Kapolri pimpin delegasi Indonesia di Konferensi Ke-39 ASEANAPOL

Sementara Perdana Menteri Vietnam, Nguyen Xuan Phuc sepakat bahwa stabilitas keamanan dalam negeri merupakan modal penting untuk melaksanakan pembangunan sehingga kerja sama kepolisian antarnegara Asia Tenggara harus terus didorong untuk dikembangkan secara optimal dan berkesinambungan.

"Terima kasih atas apresiasi yang disampaikan oleh Kapolri selaku perwakilan para kepala kepolisian negara anggota ASEANAPOL," katanya.

Baca juga: Menkominfo dorong kolaborasi tingkatkan keamanan siber ASEAN

Di samping itu, Kapolri Tito juga melakukan pertemuan dengan Commissioner Royal Brunei Police Force, Dato Paduka Seri Haji Mohammad Irwan bin Haji Hambali membahas peningkatan kerja sama di bidang penanggulangan terorisme dan kejahatan yang melibatkan kedua negara.

Selanjutnya, Tito juga bertemu Commisioner New Zealand Police Mike Bush membahas peningkatan kerja sama soal kejahatan transnasional, khususnya terkait penanggulangan kejahatan terorisme dan siber.

Secara global, kejahatan transnasional, yaitu terorisme masih menjadi pokok persoalan yang terjadi sejumlah negara. Oleh karena itu, penanggulangan terorisme di Indonesia kerap menjadi acuan negara-negara lain yang memiliki permasalahan serupa.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019