10 SSK kita siagakan di Manokwari, 6 di Sorong dan 2 di Fakfak
Manokwari (ANTARA) - Hingga saat ini masih ada 18 satuan setingkat kompi (SSK) pasukan Brigade Mobil (Brimob) bersiaga di Papua Barat untuk mengantisipasi gangguan keamanan pascakericuhan beruntun pada Agustus lalu.

"10 SSK kita siagakan di Manokwari, 6 di Sorong dan 2 di Fakfak. Sifatnya untuk mengantisipasi sekaligus menjamin agar masyarakat bisa beraktivitas dengan nyaman," kata Kapolda Papua Barat, Brigjen Pol Herry Rudolf Nahak di Manokwari, Kamis.

Ia menyebutkan, personel bawah kendali operasi (BKO) yang diperbantukan dari sejumlah Polda wilayah Tengah dan Timur akan berada di Papua Barat hingga daerah tersebut benar-benar aman dan hingga saat ini belum ada perintah penarikan pasukan yang dikeluarkan Kapolri.

Baca juga: Papua Terkini-Gubernur Papua Barat sudah temui Menkeu pascakericuhan

"Sampai benar-benar aman, hingga hari ini belum ada perintah dari bapak Kapolri terkait penarikan mereka kembali ke Polda masing-masing," sebut Kapolda Herry.

Pasca kerusuhan 19 Agustus 2019, telah dilaksanakan Deklarasi Damai Manokwari pada Rabu (11/9). Meskipun demikian, masih ada elemen yang menggelar aksi penolakan kasus rasisme serta menyuarakan referendum atas Papua.

Menyikapi hal itu, Herry, menegaskan bahwa masyarakat Manokwari secara umum sudah berdamai dan berharap tidak ada lagi pihak-pihak yang mengatasnamakan masyarakat dalam aksi-aksi yang dilakukan.

"Jadi sudah jelas, sudah bisa kita lihat siapa pihak-pihak yang tidak mau damai. Masyarakat sudah berdamai, jadi jangan ada aksi lagi yang mengatasnamakan masyarakat," ujar Kapolda tegas.

Baca juga: Korem 172/PWY bantu data mahasiswa yang kembali ke Papua

Nahak mengemukakan, Deklarasi Damai di Manokwari diikuti para kepala suku, tokoh agama, Ketua MRP, kepala daerah, serta tokoh lainnya. Mereka dinilai merupakan representasi masyarakat di daerah tersebut.

Dia menambahkan, secara umum situasi Papua Barat saat ini sudah jauh lebih baik. Penarikan personel BKO akan dilakukan sesuai perkembangan situasi.

Pewarta: Toyiban
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019