Saya belajar banyak dari seorang Habibie,
Padang (ANTARA) - Wakil Gubernur Sumatera Barat (Wagub Sumbar), Nasrul Abit melayat ke rumah duka almarhum BJ Habibie di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan untuk menyampaikan belasungkawa dari masyarakat Sumbar pada keluarga Bapak Penerbangan Indonesia itu.

"BJ Habibie adalah seorang putra terbaik bangsa, presiden ketiga, dan sangat berjasa untuk Indonesia," katanya usai mendoakan jenazah di Jakarta, Kamis.

Salah satu jasa BJ Habibie yang tidak mungkin dilupakan, menurutnya adalah dalam bidang pengembangan teknologi pesawat terbang.

Baca juga: AJI Manado: Jurnalis wajib patuhi warisan UU Pers

Gatotkaca N250 adalah peninggalannya yang sempat mencengangkan dunia pada 1995. Tidak banyak negara yang bisa memproduksi pesawat saat itu.

BJ Habibie, menurut Nasrul adalah sosok negarawan yang cerdas, berpikir praktis dan susah cari gantinya.

"Saya belajar banyak dari seorang Habibie. Ketika ia jadi presiden, dollar yang naik hingga Rp17 ribu berhasil diturunkan sampai Rp6 ribu dalam waktu begitu cepat," ujarnya.

Baca juga: Tokoh Agama Sulut: Habibie tokoh pemersatu bangsa

Kesetiaan dan rasa nasionalisme yang tinggi juga menjadi nilai yang ditinggalkan BJ Habibie untuk generasi muda Indonesia. Beliau dikenal setia pada istri.

Ia juga sangat dihargai begitu hebat di Jerman, ditawarkan kewarganegaraan, tapi beliau pilih mengabdi di kampung halaman sampai meninggal.

"Selamat jalan BJ Habibie. Doa Indonesia untukmu. Doa Sumatera Barat untuk mu," tambahnya.

Baca juga: Presiden: Negara akan berikan penghormatan besar kepada BJ Habibie

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Hendra Agusta
Copyright © ANTARA 2019