Palembang (ANTARA) - Kota Palembang, Sumatera Selatan, meraih penghargaan Festival Gapura Cinta Negeri peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini, dengan masuk 10 besar dari total 1.973 peserta se-Indonesia.

Siaran pers diterima ANTARA, Senin, Wakil Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda di Jakarta, mengatakan, Kota Palembang berhak atas penghargaan tersebut berdasarkan keputusan Dewan Juri Festival Gapura Cinta Negeri Tahun 2019 yang ditetapkan dengan SK Panitia Nomor 020/FGCN/VIII/2018 tentang Penetapan Pemenang Festival Gapura Cinta Negeri.

"Kota Palembang meraih penghargaan atas karya Mahgodie Idris, sementara sembilan kota lainnya yang juga terpilih Boyolali, Semarang, Rembang, Batu, Kepulauan Yapen, Bandung Barat, Banjarmasin, Kutai Kartanegara dan Magelang," kata dia.

Atas penghargaan ini, Fitrianti menyampaikan apresiasi ke warga Palembang yang telah berpartisipasi pada festival tersebut, khususnya ke warga Kecamatan Bukit Kecil Kelurahan 26 Ilir.

"Mudah-mudahan dengan dapatnya piala atau penghargaan ini akan memotivasi warga untuk terus meningkatkan budaya gotong-royong guna mempererat persatuan dan kesatuan," kata dia.

Camat Bukit Kecil Ahmad Furqon didampingi Sekretaris Camat Muhtiar Hijrun mengatakan keberhasilan ini tak lepas dari peran aktif warga untuk membuat gapura yang unik dan menarik.

"Berkat keberhasilan ini, Palembang menjadi satu-satunya kota yang mewakili Sumatera dalam memperoleh penghargaan ini," kata dia.

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019