10.040 haji Jawa Tengah dan DIY telah kembali ke daerah asal

id haji jawa tengah,haji yogyakarta,pemulangan jamaah haji,pelayanan haji,haji 209

10.040 haji Jawa Tengah dan DIY telah kembali ke daerah asal

Arsip Foto. Jemaah haji melakukan sujud syukur setibanya di Bandara Adi Soemarmo, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (18/8/2019). (ANTARA FOTO/MOHAMMAD AYUDHA)

Boyolali (ANTARA) - Sebanyak 10.040 haji dari Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sudah kembali ke daerah asal masing-masing menurut data Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) pada Selasa.

Jamaah yang terkini tiba yakni jamaah dalam kelompok terbang (Kloter 28) Debarkasi Surakarta yang berasal dari Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Menurut Kepala Sub Bagian Penerangan, Humas, dan Protokol PPIH Surakarta Agus Widakdo, jamaah haji Kloter 28 mendarat di Bandara Adi Soemarmo pukul 05.08 WIB, lebih cepat dua menit dari jadwal semula, menumpang pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 6228.

Dari bandara, jamaah yang terdiri atas 360 orang itu dibawa menuju ke Asrama Haji Donohudan Boyolali untuk acara serah terima dengan panitia daerah.

"Setibanya di Asrama Haji Donohudan Boyolali sudah ditunggu bus penjemput dari daerah. Setelah acara serah terima langsung dipulangkan ke Sleman sekitar pukul 06.45 WIB," kata Agus.

Setelah pemulangan jamaah haji dalam Kloter 28, ia melanjutkan, jamaah Debarkasi Surakarta yang sudah tiba di Tanah Air total 10.040 orang atau 28,9 persen dari seluruh anggota jamaah haji Debarkasi Surakarta yang sebanyak 34.756 orang.

Pada Selasa, Debarkasi Surakarta masih akan menerima kedatangan jamaah haji gabungan Kloter 28 dan 29 asal Kabupaten Kulon Progo dan Sleman yang terdiri atas 359 orang. Mereka dijadwalkan mendarat di Bandara Adi Soemarmo Boyolali sekitar pukul 20.00 WIB.
 
Jamaah haji dalam Kloter 28 Debarkasi Surakarta asal Kabupaten Sleman saat tiba di Asrama Haji Donohudan Boyolali, Jawa Tengah, Selasa. (ANTARA/Bambang Dwi Marwoto)


Agus mengatakan bahwa hingga kedatangan jamaah dalam Kloter 28, anggota jamaah haji Debarkasi Surakarta yang masih tertinggal di Arab Saudi karena sakit sebanyak tujuh orang.

Anggota jamaah haji yang sakit dan masih menjalani perawatan di Arab Saudi antara lain Tri Urip Suwarman (75) dari Kloter 12 asal Kabupaten Boyolali, Padchurrodji Romli Mucharar dari Kloter 9 asal Klaten, Siswo Diharjo Sopawiro (79) dari Kloter 15 asal Temanggung, Soegiarti Pawiro Setiko (78) dari Kloter 15 asal Temanggung, Diwono Asmorejo Karto Sentono (70) dari Kloter 19 asal Temanggung, Sutarji Kasandimedjo Solikhin (80) dari Kloter 23 asal Bantul, dan Endang Isnur Rahayuningsih (60) dari Kloter 27 asal Sleman.

Mereka akan dipulangkan ke Tanah Air bersama kelompok terbang yang lain setelah ada rekomendasi dari dokter. Kalau kondisi mereka baru memungkinkan untuk melakukan perjalanan setelah proses pemulangan jamaah haji Indonesia selesai, maka mereka akan dipulangkan ke Tanah Air menggunakan pesawat reguler.

Baca juga:
Anggota jamaah Jawa Tengah yang meninggal bertambah menjadi 17
Jamaah haji asal Sukoharjo tiba bandara Adi Soemarmo

Pewarta : Bambang Dwi Marwoto
Editor: Maryati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar