Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf Rodja mengatakan, setelah unjukrasa di sejumlah kota di Papua, situasi kamtibmas di sejumlah wilayah hingga kini aman dan kondusif.

"Secara keseluruhan situasi kamtibmas di wilayah hukum Polda Papua aman dan kondusif," kata Irjen Pol Rodja seusai melakukan pertemuan tertutup dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) yang dilaksanakan di aula Cenderawasih Mapolda Papua, Kamis.

Dikatakannya, sejak Senin (19/8) unjukrasa damai berlangsung di sejumlah kota di Papua yang diawali di Jayapura dan disusul daerah lainnya yaitu di Nabire, Serui, Biak dan Merauke yang dilaksanakan Selasa (20/8).

Kemudian pada Rabu (21/8) unjukrasa dilaksanakan di Timika yang sempat terjadi perusakan dan Kamis (22/8) aksi terjadi di Nabire dan Dekai.

“Mudah-mudahan unjukrasa yang dilaksanakan di kota-kota di Papua berlangsung aman dan kondusif. Hingga kini belum ada rencana penambahan personil, karena personil yang ada sudah dirasa cukup,” kata Rodja. .

Dia mengaku terus memantau unjukrasa yang terjadi di sejumlah kota di Papua termasuk saat aksi yang terjadi di Jayapura, Senin (19/8) karena saat itu sedang melaksanakan kunjungan kerja ke Mappi.

“Saya hanya perintahkan anggota agar memantau pelaksanaan unjukrasa dan mendampingi mereka yang berjalan kaki menuju kantor gubernur dan bersyukur semua berjalan aman,” kata  Rudolf Rodja.

Baca juga: Kapolda Papua fasilitasi pertemuan terkait unjukrasa di sejumlah kota
Baca juga: Demo damai berlangsung di Nabire dan Dekai Papua
Baca juga: Kapolda : Situasi Kabupaten Fakfak sudah kondusif

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019