Para jamaah diharapkan menjadi haji yang mabrur dan menyebarkan kebaikan di wilayah masing-masing dan mampu menjaga citra sebagai Muslim
Bandung (ANTARA) - Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Daud Achmad menyambut kepulangan kelompok terbang (kloter) pertama jamaah haji 1440 Hijriah/2019 di Asrama Embarkasi Jakarta-Bekasi, di Bekasi, Jawa Barat, Ahad, yang berasal dari Kabupaten Bogor sebanyak 404 orang.

Daud berharap para jamaah menjadi haji yang mabrur dan pihaknya meminta mereka untuk menyebarkan kebaikan di wilayah masing-masing dan mampu menjaga citra sebagai Muslim.

"Karena bagaimana pun, perasaan atau perilaku kita itu berubah setelah melaksanakan ibadah haji. Serta pasti menjadi lebih baik dan itu bisa diterapkan di lingkungan masing-masing dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara," kata Daud Achmad.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Kantor Wilayah Kementerian Agama Jawa Barat Abukhori melaporkan bahwa kloter I dari Kabupaten Bogor berjumlah 410 orang, terdiri atas 404 jamaah haji dan 6 petugas haji.

Dalam kloter tersebut, kata dia, ada satu orang jamaah yang meninggal dunia atas nama Achmad Suparman saat berada di Madinah, Arab Saudi.

Slot tersebut kemudian diisi oleh Firdaus Solihin dari Kota Depok.

Untuk jumlah jamaah dan petugas haji yang berangkat melalui Embarkasi Jakarta Bekasi yaitu dengan total sebanyak 39.429 orang.

Rinciannya, jumlah jamaah sebanyak 38.847 orang, dan petugas terdiri TPHI, TPIHI, TKHI, dan TPHD sebanyak 582 orang, demikian Abukhori.

Baca juga: Lama antrean haji Jabar mencapai 20 tahun

Baca juga: DPRD Jabar usul asrama haji dibangun dekat Bandara Kertajati

Baca juga: Wagub Jabar jadi amirul hajj 2019

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019