Rengasdengklok untuk pertama kali jadi tempat upacara HUT RI

id Hari kemerdekaan, HUT RI, karawang, Rengasdengklok

Rengasdengklok untuk pertama kali jadi tempat upacara HUT RI

Upacara HUT RI di Lapangan Tugu Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019. (FOTO ANTARA/Ali Khumaini)

Karawang (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang, Jawa Barat, untuk pertama kalinya menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia di lapangan Tugu Rengasdengklok, Sabtu.

"Upacara HUT RI yang digelar pemkab di lapangan Rengasdengklok ini baru pertama kali," kata Asisten Daerah II Pemkab Karawang Ahmad Hidayat, di Karawang.

Ia mengatakan, biasanya atau pada tahun-tahun sebelumnya, Pemkab Karawang selalu menggelar upacara HUT RI di lapangan Karangpawitan.

Pada tahun ini pemkab menggelar upacara HUT RI di lapangan Tugu Kebulatan Tekad Rengasdengklok, karena lapangan Karangpawitan masih dalam proses perbaikan.

Pemkab Karawang sendiri membersihkan area di sekitar lapangan Tugu Rengasdengklok serta mengecat ulang berbagai sarana yang ada di lapangan tersebut.

Bahkan, jajaran Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Karawang melakukan penertiban sejumlah pedagang kaki lima (PKL) yang berada di sekitar lapangan Tugu Rengasdengklok. Termasuk menertibkan lapak-lapak PKL di akses jalan menuju lapangan tersebut.

Sementara itu, Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana mengatakan upacara digelar di lapangan Tugu Rengasdengklok karena Rengasdengklok menjadi cikal bakal kemerdekaan.

Ia menjelaskan sehari menjelang kemerdekaan atau pada 16 Agustus 1945, Soekarno-Hatta diculik kelompok pemuda ke Rengasdengklok. Karena itulah Rengasdengklok disebut cikal bakal kemerdekaan Indonesia.

Bupati mengajak seluruh elemen masyarakat mensyukuri kemerdekaan bangsa Indonesia 74 tahun ini.

Menurut dia, cara terbaik untuk mensyukuri nikmat kemerdekaaan ialah dengan bekerja sama untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu, peringatan HUT RI ke-74 di Karawang digelar dengan berbagai kegiatan. Pada Jumat (16/7) malam, ratusan pelajar, pegawai negeri sipil pemkab, jajaran kepolisian dan TNI mengikuti kegiatan pawai obor di wilayah perkotaan Karawang.

Pada Sabtu ini masyarakat di berbagai daerah sekitar Karawang memperingati Hari Kemerdekaan dengan aneka perlombaan, seperti lomba makan kerupuk, balap karung, pawai kendaraan hias, panjat pinang, dan lain-lain. 

Baca juga: Bendera Merah Putih raksasa diarak di Rengasdengklok

Baca juga: Rumah Rengasdengklok ramai dikunjungi untuk napak tilas

Baca juga: Harlah Ke-108 Bung Karno Diperingati di Rengasdengklok

Pewarta : M.Ali Khumaini
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar