Polisi upacara HUT RI di atas laut Senggarang

id Polisi, upacara, HUT RI, di atas laut, Senggarang

Polisi upacara HUT RI di atas laut Senggarang

Polsek Tanjungpinang Kota menggelar upacara HUT RI di atas perairan Senggarang. (Nikolas Panama)

Tanjungpinang (ANTARA) - Anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Tanjungpinang Kota menggelar upacara peringatan HUT ke-74 Republik Indonesia di atas laut, Pelantar Lampu Merah Senggarang Tanjungpinang, Sabtu.

Peserta upacara berdiri di atas pelantar, dan sebagian menggunakan puluhan sampan di sekitar laut Pelantar Lampu Merah Senggarang.

Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Reza Anugrah A.P menjadi inspektur upacara yang diikuti personelnya Polsek Tanjungpinang Kota, anggota TNI, Forum RT/RW serta masyarakat Kelurahan Senggarang dan pelajar.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, mengatakan, upacara sengaja dilaksanakan di kawasan pesisir sebagai bentuk penghormatan terhadap jasa pahlawan. Banyak pejuang yang memenangkan peperangan di laut.

"Di Tanjungpinang ada Raja Haji Fisabilillah, pahlawan nasional yang ahli strategi mengusir penjajah melalui jalur perairan," ujarnya.

Upacara di atas laut, kata dia juga untuk mengingatkan kepada masyarakat Tanjungpinang bahwa Indonesia merupakan negara maritim yang kuat dan tangguh. Potensi kemaritiman merupakan sumber kehidupan masyarakat sehingga perlu dilestarikan dan dikelola dengan baik.

"Laut di Tanjungpinang merupakan jalur vital perdagangan dan industri," katanya.

Pelaksana Tugas Gubernur Kepri Isdianto memberi apresiasi atas semangat dan kreativitas Polres Tanjungpinang dalam melaksanakan upacara dalam rangka memperingatkan HUT RI. Upacara di atas laut selain menarik juga membangun semangat kemaritiman.

Potensi kemaritiman harus dikelola secara maksimal untuk kepentingan bangsa dan negara.

"Sektor kemaritiman harus bangkit untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan kemajuan daerah serta negara," katanya.

Kedekatan polisi dengan masyarakat tampak dalam upacara ini, dan berbagai kegiatan yang sebelumnya dilakukan dengan melibatkan peran serta masyarakat.

Sinergitas yang dibangun merupakan modal utama dalam melaksanakan pembangunan. Polres Tanjungpinang berhasil melakukan berbagai upaya pencegahan kejahatan dengan berbagai cara.

"Tentu apa yang dilakukan oleh pihak kepolisian ini berdampak baik untuk pembangunan di Kepri, khusus Tanjungpinang," tuturnya.
 

Pewarta : Nikolas Panama
Editor: Triono Subagyo
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar