Selain bisa mengurangi tingkat penggunaan plastik, bungkus daun jati juga bermanfaat untuk mengurangi bau serta membuat daging lebih empuk saat dimasak
Yogyakarta (ANTARA) - Takmir Masjid Margoyuwono, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta memilih menggunakan daun jati untuk membungkus potongan daging kurban yang dibagikan kepada masyarakat di daerah itu pada Idul Adha 1440 Hijriah.

Sekretaris Takmir Masjid Margoyuwono Hartoko sesusai penyembelihan hewan kurban di Yogyakarta, Ahad mengatakan inisiatif pemanfaatan daun jati sebagai pembungkus daging kurban sudah berlangsung sejak lama. Hal itu bertujuan untuk mengurangi penggunaan plastik sesuai imbauan pemerintah setempat.

"Dulu setelah dibungkus daun jati masih dibungkus plastik. Sekarang plastiknya sudah dikurangi," kata dia.

Menurut Hartoko, selain bisa mengurangi tingkat penggunaan plastik, bungkus daun jati juga bermanfaat untuk mengurangi bau serta membuat daging lebih empuk saat dimasak.

"Saya pernah tanya, daun jati sama daun ketela itu bisa membuat dagingnya lebih empuk sama mengurangi bau prengus," kata dia.

Pada Idul Adha tahun ini, Takmir Masjid Margoyuwono Yogyakarta menyembelih 5 ekor sapi dan 20 ekor kambing. Dari sejumlah hewan kurban itu, ada sekitar 500 bungkus daging yang dibagikan kepada masyarakat dengan berat masing-masing 3 kilogram.

Karena penggunaan plastik semakin dikurangi, menurut dia, pada tahun ini kebutuhan daun jati untuk pembungkus daging kurban di masjid itu juga membengkak menjadi sekitar 2.000 lembar. "Daun jati (dibeli) dari Pasar Beringharjo," kata dia.

Selain di Masjid Margoyuwono, Kecamatan Keraton, Kota Yogyakarta, upaya pengurangan penggunaan plastik juga dilakukan oleh Takmir Masjid Pathok Negoro Plosokuning Kecamatan Ngaglik, Kabupaten Sleman.

Takmir masjid itu memilih besek atau wadah dari anyaman bambu untuk pembungkus daging kurban. Di dalam besek tersebut terdapat daun pisang sebagai alas daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat.

Baca juga: Daun pisang dipakai membungkus daging kurban di Blitar

Baca juga: Plastik berbahan singkong untuk bungkus daging kurban di Bandung

Baca juga: Plastik pati singkong bisa jadi alternatif wadah daging kurban

Pewarta: Luqman Hakim
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019