Harapan saya, mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya jadi supaya dicatat dalam sejarah. Nah ini tinggal satu bulan, mudah-mudahan nanti mereka bersidang dan terpilih salah satu, ucap Anies
Jakarta (ANTARA) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang hampir genap satu tahun menakhodai Jakarta tanpa didampingi oleh wakil, mengharapkan DPRD DKI Jakarta "bertanggungjawab".

"Setahun ya? Dua hari lagi? Anniversary jomblo ya? Hahaha. Kan catatan sejarahnya jika terjadi kekosongan gubernur atau wakil gubernur, DPRD bertanggungjawab untuk mengisi kekosongan dengan mempersiapkan penetapan wakil gubernur," kata Anies di Jakarta, Kamis.

Anies berharap DPRD segera menyiapkan segala sesuatunya agar segera bersidang. Pasalnya, ini bulan terakhir DPRD periode ini bertugas.

Baca juga: Pemilihan Wagub DKI diserahkan ke DPRD baru

"Harapan saya, mereka bisa tuntaskan sebelum selesai masa jabatannya jadi supaya dicatat dalam sejarah. Nah ini tinggal satu bulan, mudah-mudahan nanti mereka bersidang dan terpilih salah satu," ucap Anies.

Kendati tanpa wakil, Anies mengaku menjalankan tugas dengan santai, ikhlas dan tenang.

"Prinsip saya dari dulu sama. Dipuji tidak terbang, dicaci tidak tumpang. Jadi, kalau dipuji juga kemudian jadi wah besar kepala. Kalau dicaci juga rileks aja," ucap mantan Menteri Pendidikan tersebut.

Baca juga: Mendagri ingatkan DPRD DKI segera proses pengisian wagub

Posisi wagub kosong setelah Sandiaga Uno maju dengan Prabowo Subianto ke Pilpres 2019. Sandiaga mengundurkan diri sejak 9 Agustus 2018.

DPRD DKI Jakarta menggelar paripurna mundurnya Sandiaga pada 27 Agustus 2019. Saat ini, PKS dan Gerindra sudah mengajukan dua nama menjadi Wagub DKI Jakarta, yaitu Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2019