12 Pasang Bujang Dara Pekanbaru Masuki Masa Pra-Karantina, Ini Jadwal Pemilihannya

id 12 pasang, bujang dara, pekanbaru masuki, masa pra-karantina, ini jadwal pemilihannya

12 Pasang Bujang Dara Pekanbaru Masuki Masa Pra-Karantina, Ini Jadwal Pemilihannya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - 12 pasang calon Bujang Dara Kota Pekanbaru Provinsi Riau untuk tahun 2018 mulai memasuki masa pra-karantina yang merupakan tahapan selanjutnya dari proses pemilihan Duta Pariwisata tersebut, Kamis.

"Tahapan demi tahapan telah dilalui hingga terpilih 12 pasang ini," ucap Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata Kota Pekanbaru Ardiansyah Eka Putra, di Pekanbaru, Kamis.

Ardiansyah menjelaskan bahwa jumlah tersebut telah mengalami penyusutan dimana sebelumnya terdapat 44 calon dara dan 29 calon bujang yang mengikuti pendaftaran awal yang dilaksanakan hingga 23 Maret lalu. Ia menambahkan bahwa setelah melewati proses seleksi administrasi, tes tertulis, hinga tes wawancara maka terpilihlah 12 pasang calon bujang dan dara tersebut. Nantinya para peserta tersebut akan melaksanakan tes minat bakat yang dikatakan Ardiansyah kemudian akan melibatkan para Budayawan, Assesor Pariwisata, Seniman, Pendidik dan tentu saja perwakilan dari Pemko Pekanbaru sebagai dewan juri.

Lebih jauh ia menjelaskan bahwa pelaksanaan pemilihan bujang dara tersebut adalah kegiatan tahunan dimana nantinya para pemenang akan memiliki tanggung jawab dalam hal mempromosikan pariwisata yang ada di Pekanbaru. Namun untuk tahun ini, yang tidak kalah penting adalah juga promosi dari segi media sosial. Hal ini berkenaan dengan era digital saat ini, sehingga pihak pemerinah maupun para bujang dan dara tersebut haruslah dapat "melek teknologi" namun tentu saja harus dengan cara yang positif.

"Dunia pariwisata tidak lepas dari yang namanya media sosial. Saat ini kita harus jeli dalam memanfaatkan momen. Tapi tentu saja haruslah dengan berlandaskan dengan keimanan juga tentunya. Jangan asal cari sensasi," tegasnya.

Dari segi peserta Ardiansyah menjelaskan bahwa untuk batas usia yang ditetapkan panitia masih sama seperti tahun lalu dimana rentang usia calon peserta ialah antara 18 hingga 25 tahun dan minimal pendidikan tamatan SMA sederajat, masih kuliah dan tamatan S1 sesuai batasan umur tadi. Selain itu ia menilai bahwa pemilihan tersebbut tidak hanya mengedepankan kecantikan maupun ketampanan saja. Namun para peserta tersebut juga dituntut untuk memiliki kecerdasan dan kepribadian yang baik juga. Pasalnya para pemenang tersebut nantinya akan menjadi perwakilan Kota Pekanbaru dalam hal promosi pariwisata.

Ia berharap agar kedepannya para bujang dan dara yang terpilih tersebut akan dapat mempromosikan pariwisata Pekanbaru ke kancah yang lebih besar. Pasalnya lini pariwisata tidak hanya bermanfaat untuk pemerintah setempat saja, namun juga dapat meningkatkan sektor ekonomi masyarakat. Rencananya final pemilihan bujang dara tersebut akan digelar pada Sabtu 14 April 2018 jam 19.45 wib di SKA CO EX Pekanbaru.

"Siapa tau bujang dara ini dapat ikut dalam kompetisi yang lebih besar tidak hanya tingkat Nasional tapi juga Internasional," pungkasnya.

Oleh Retmon Bensal Putra