PLN Pasang 2 Unit Stasiun Penyedia Listrik bagi PKL di Bukit Gelanggang

id pln pasang, 2 unit, stasiun penyedia, listrik bagi, pkl di, bukit gelanggang

PLN Pasang 2 Unit Stasiun Penyedia Listrik bagi PKL di Bukit Gelanggang

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - PT Perusahaan Listrik Negara memasang dua unit stasiun penyedia listrik umum atau SPLU, untuk mendukung dan kemudahan aktivitas ekonomi pedagang kaki lima di Lapangan Bukit Gelanggang Kota Dumai.

General Manager PLN Wilayah Riau Kepulauan Riau Muhammad Irwansyah Putra di Dumai, Kamis, mengatakan, pemasangan SPLU di Dumai direncanakan enam unit, dan untuk tahap awal ditempatkan di lokasi taman kota.

"Kita pasang stasiun penyedia listrik umum ini di taman kota agar ada kepastian penyediaan listrik bagi pedagang dan pelaku usaha kecil menengah," kata Irwansyah.

Disebutkan, pendirian SPLU ini agar bisa dimanfaatkan pedagang, karena selama ini dalam menjalankan aktivitas usaha dilakukan dengan menarik kabel dari rumah atau tidak resmi.

Untuk peningkatan pelayanan, PLN berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Dumai terkait lokasi dan lahan bisa digunakan memasang empat unit SPLU lain agar bisa memenuhi kebutuhan pelanggan umum.

"Sasaran kita pedagang dan pelaku usaha kecil menengah, tapi juga bisa untuk pelanggan umum, karena splu lebih mudah dan aman serta berkualitas," sebutnya.

Selain peresmian 2 unit SPLU, Irwansyah juga menyerahkan bantuan program sosial kemasyarakatan PLN WRKR berupa 32 beasisiwa kuliah, 100 paket sembako bagi keluarga miskin dan dua kaki palsu.

Bantuan diserahkan ini merupakan program sosial kemasyarakatan dan sumbangan zakat 2,5 persen pegawai PLN WRKR dihimpun oleh Yayasan Baitul Maal.

Sementara, Wakil Wali Kota Dumai Eko Suharjo menilai PLN perlu lagi memperluas pelayanan hingga menyentuh ke semua wilayah pinggiran dan melayani kebutuhan sektor industri di daerah.

Penyediaan energi listrik sebagai infrastruktur dasar daerah tentunya akan diminati swasta untuk berinvestasi atau industri beroperasi di wilayah pelabuhan untuk kemudahan dan menekan biaya.

"Kita dukung pln agar terus menerangi wilayah belum teraliri listrik, termasuk penyediaan energi untuk kebutuhan industri karena dumai prospek," kata Eko.