Kedutaan Australia Kunjungan Kerja ke KPU Riau, Ini Motif Tujuannya

id kedutaan australia, kunjungan kerja, ke kpu, riau ini, motif tujuannya

Kedutaan Australia Kunjungan Kerja ke KPU Riau, Ini Motif Tujuannya

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menerima kunjungan kerja dari Kedutaan Besar Australia, Senin (19/3/2018).

Kunjungan kerja ini merupakan rangkaian dari kunjungan Kedutaan Besar Australia ke beberapa daerah, terutama 17 provinsi yang menyelenggarakan pemilihan kepala daerah tahun 2018.

Demikian diungkapkan Boyd Whalan, Sekretaris ke-II Bidang Politik Kedutaan Besar Australia di Jakarta yang didampingi staf kedutaan, Grace Maria.

"Kami ada beberapa tim yang turun ke daerah. Selain ke KPU, kami juga melakukan kunjungan ke Pemprov Riau," ujar Boyd Whalan yang juga seorang diplomat.

Kunjungan tersebut diterima oleh 4 (empat) komisioner KPU Provinsi Riau yaitu, Nurhamin (ketua), Ilham (anggota), Abdul Hamid (anggota) dan Sri Rukmini (anggota).

Dalam penyampaiannya, Nurhamin memaparkan, proses tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau saat ini adalah kampanye. Di mana salah satunya, KPU saat ini sedang memfasilitasi pemasangan alat peraga kampanye (APK) dalam bentuk baliho, umbul-umbul dan spanduk. Selain itu juga bahan kampanye (BK).

Semua itu dibiayai dan difasilitasi oleh KPU dengan anggaran hibah daerah, papar Nurhamin kepada Boyd Whalan.

Sementara itu Boyd Whalan dalam pemaparannya kembali menyampaikan, pemerintah Australia ingin melihat dari dekat proses pemilihan kepala daerah di luar Jawa. Karena selama ini yang mereka saksikan lebih banyak di Jawa, terutama di Jakarta kemarin.

"Kami ingin melihat juga bagaimana pelaksanaannya di daerah," imbuhnya.

Karena kata Boy, apakah pelaksanaannya sama antara yang ada di Jawa dengan di luar Jawa, seperti di Provinsi Riau.

"Dan kami senang bisa berkunjung ke KPU Provinsi Riau. Semua informasi diberikan dan dijelaskan kepada kami, tutupnya.