Hingga Oktober, 92.000 Orang Wisatawan Mancanegara Telah Berkunjung Ke Riau

id hingga oktober 92000 orang wisatawan mancanegara telah berkunjung ke riau

Hingga Oktober, 92.000 Orang Wisatawan Mancanegara Telah Berkunjung Ke Riau

Pekanbaru (Antarariau.com) - Dinas Pariwisata Provinsi Riau mengklaim 92.000 orang wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke wilayah setempat hingga Oktober 2017.

"Ini melebihi dari target yang dipatok dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Riau 2017 sebesar 69.000 orang," kata Kepala Dinas Pariwisata Riau Fahmizal Usman kepada Antara di Pekanbaru, Senin.

Fahmizal Usman menjelaskan meningkatnya wisman ke Riau pada tahun ini hingga melebihi target yang dipatok karena berbagai promosi yang gencar dilakukan. Selain juga banyak event nasional yang dipusatkan di Provinsi penghasil minyak dan gas tersebut.

"Kunjungan wisman ke Riau tahun ini sudah lewat target, jauh dari yang dipatok, sampai Oktober 2017 sudah 92.000, " tuturnya.

Selain itu sambung dia upaya Pemprov Riau yang semakin gencar mendorong biro perjalanan kabupaten/lokal untuk melakukan kerjasama paket tour perjalanan dan "Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition" (Mice) atau Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran membuat wisman yang berkunjung bisa singgah ke dipatok tersebut.

Ia menilai daya tarik yang bisa di jual oleh Provinsi Riau selama ini kepada wisman cukup banyak bisa budaya, dan alam.

"Banyak yang bisa dijual di Riau budaya dan alam, " tegasnya saat ditanyakan apa daya tarik wilayah itu.

Angka itu sambung Fahmi jika dibandingkan realisasi kunjungan wisman pada 2016 naik drastis dari 66.000 orang.

Jika dihitung kenaikan kunjungan wismas ke Riau meningkat kurang lebih 27 persen.

"Kalau dibandingkan tahun lalu kunjungan wisman ke Riau hanya 66.000, kini hingga Oktober sudah 92.000 orang," tambahnya.

Masih menurut Fahmi selain wisman kunjungan wisatawan lokal ke Riau juga terjadi lonjakan walaunangka pastinya belum bisa didapat perhitungan pastinya menunggu akhir tahun.

"Saya lupa wisata lokal mungkin antara 3-4 juta," pungkasnya.