AHY Terpukau Keindahan Kota Siak

id ahy terpukau, keindahan kota siak

AHY Terpukau Keindahan Kota Siak

Siak (Antarariau.com) - Agus Trimurti Yudhoyono (AHY) tidak segan-segan memuji keindahan Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Riau, seperti diutarakannya saat di hadapan ribuan masyarakat setempat di taman Gedung Tengku Mahratu, Minggu.

"Kesan saya Siak itu indah, bersih, dan tertata dengan rapi. Saya juga turut mengapresiasi pada pimpinan Bupati beserta jajarannya membangkitkan sebuah semangat pada masyarakat untuk peduli pada lingkungannya," kata Agus saat bersilaturahim dengan masyarakat Siak di Taman gedung Tengku Mahratu, Minggu.

Dia menyebutkan, hari ini (Minggu) ia bisa melihat secara langsung kebersihan, kerapian dan keasrian tersebut. Menurutnya itu akan membuat hidup warga semakin sehat secara jiwa dan raga. Sehingga kedepannya bisa membuat Siak menjadi destinasi wisata yang lebih baik lagi.

"Untuk Indonesia dan mancanegara," kata dia lagi yang disambut dengan ucapan Amin oleh Bupati Siak Syamsuar yang berdiri di samping AHY saat wawancara dengan media di Siak.

Dia juga mengaku sangat takjub dengan wisata religi dan sejarah yang dimiliki Kabupaten Siak. Pada kunjungan pertamanya ke daerah berjulukan "Negeri Istana" ini, ia bisa menyaksikannya secara langsung.

"ini pertama kalinya saya mengunjungi kabupaten Siak yang memang sudah terkenal. Selama ini saya hanya mendengar cerita dari bapak SBY dan Bu Ani, dan mengetahuinya dari internet dan foto-foto saja," kata dia lagi.

"Hari ini saya bisa mengunjungi langsung. Ternyata benar apa yang saya dengar dan baca selama ini, kabupaten Siak sangat kaya akan budaya. Saya sangat merasa bersyukur, walaupun kunjungan ke Riau kali ini cukup pendek," sambung Agus dihadapan masyarakat, yang disambut dengan tepuk tangan dan sorak warga yang memadati tenda.

Agus juga tidak segan turun dari panggung yang disediakan panitia untuk dirinya memberi arahan. Dengan alasan agar bisa lebih dekat dengan masyarakat. Saat ia turun dan berbicara, warga langsung dengan antusias mengabadikan momen tersebut lewat telepon selularnya. Tidak jarang diantara mereka mengajak wefie saat putra sulung SBY ini berjalan ke tepi sungai untuk pelepasan balon dan penyerahan bibit.

Dirinya juga mengapresiasi kemajuan infrastruktur Kabupaten Siak meski wilayah tersebut masih berumur 18 tahun. Namun sudah memberikan pendapatan, dan bisa mengembangkan potensi alamnya serta tidak bergantung pada minyak dan gas (Migas) semata.

"Saya apreasiasi apa yang disampaikan Bupati, meski Kabupaten Siak masih berumur 18 tahun, tetapi sudah bisa melipat gandakan pendapatnya. Meskipun sedikit berpengaruh pada harga minyak yang menurun drastis tetapi saya yakin dengan potensi yang ada bisa lebih ditingkatkan," katanya menyambungkan.

Diakhir silaturahminya Agus juga membacakan pantun, layaknya budaya Melayu saat memulai dan mengakhiri sambutan. Kemudian ia diajak ke tepian sungai jantan (sungai Siak) untuk melepas balon dan penyerahan secara simbolis bibit pohon kepada masyarakat.

Sebelumnya ia juga sudah menabur benih ikan patin di sungai belakang mesjid Syahbuddin serta mengunjungi makam Sultan Siak.

Sebelum ia bertolak ke Kota Pekanbaru, Agus beserta rombongan juga menyempatkan diri berfoto-foto di jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah, jembatan ikon wisatanya kabupaten Siak yang diresmikan secara langsung oleh SBY pada Agustus 2007 lalu.