KTP Gratis Di Dumai Hanya Slogan

id ktp gratis, di dumai, hanya slogan

Dumai, 24/5 (ANTARA) - Kartu Tanda Penduduk (KTP) gratis yang diprogramkan Pemerintah Kota Dumai, Riau, menurut kebanyakan warga disana masih sekedar slogan karena lari dari kenyataan yang dijanjikan sebelumnya.

"Kenyataannya dilapangan, masyarakat masih dipungut biaya mulai puluhan ribu hingga ratusan ribu rupiah untuk mendapatkan KTP. Kalau kita 'ngasi' uang banyak, siapnya bisa cepat, kalau ngasinya dikit, siapnya ya lama. Jelas kalau KTP gratis itu hanya slogan," kata Bora (34), warga kelurahan Sukajadi, Kecamatan Dumai Timur kepada ANTARA di Dumai, Senin.

Selain Bora, Lina (40), warga Sukajadi lainnya, mengaku jika dalam pengurusan KTP miliknya, ia terpaksa mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk petugas kecamatan.

"KTP gratis hanya slogan itu benar. Buktinya, saya mau perpanjang KTP harus bayar Rp100 Ribu. Kalau nggak dikasi uang, ngurusnya bisa lama kali, tiga bulan belum tentu selesai," ucap Lina.

Keluhan serupa juga diungkapkan Parulian (39), seorang warga Kelurahan Dumai Kota, Kecamatan Dumai Timur yang menyatakan pengurusan KTP di kecamatannya sangat lama sekali.

"Sudah dua bulan KTP saya belum selesai. Anehnya, pihak kecamatan bilang dua bulan itu masih belum lama. Kita disuruh terus bersabar, padahal saya sangat perlu KTP untuk urusan kredit bank," paparnya.

Ayah dua anak ini berharap persoalan pengurusan KTP menjadi perhatian serius Pemerintah Kota Dumai. Apalagi, terang Parulian, sebelumnya pemerintah kota sudah bertekad akan memberikan pelayanan prima kepada masyarakat seiring dengan terus naiknya gaji PNS.

Kepala Bagian (Kabag) Humas Pemko Dumai, Khairil Adli saat dikonfirmasi menjelaskan, setiap harinya ada seribuan pemohon KTP dari lima kecamatan di Dumai. Namun, karena keterbatasan perangkat komputer dan sumber daya manusia (SDM) aparat Pemkot, KTP yang bisa diselesaikan hanya 40-50 persennya setiap bulan.

"Untuk menuntaskan seratus persennya, yang sisanya akan selesai setelah dua bulan lebih, dan terus dilanjutkan lagi dengan pemohon baru yang terus masuk setiap harinya. Jadi jika ditanya mengapa pengurusan KTP masih lamban, hal itu karena sistem on-line belum berjalan baik," ungkapnya.

Terkait KTP gratis yang merupakan program Pemko Dumai sebelumnya, Adli menjelaskan jika selama ini pihaknya telah menjalankannya di beberapa kelurahan per kecamatan se-Kota Dumai.

"Namun KTP gratis itu hanya untuk orang-orang tertentu atau prioritas warga kurang mampu, dan untuk menjalankannya butuh waktu dan anggaran yang tidak sedikit. Bagi warga yang belum terkena program pemerintah itu, kami harapkan kemaklumannya," ringkas Adli.