Pawai Obor Di Bengkalis Berlangsung Meriah

id pawai obor, di bengkalis, berlangsung meriah

Pawai Obor Di Bengkalis Berlangsung Meriah

Bengkalis (Antarariau.com)- Ribuan masyarakat, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, meriahkan pawai obor yang dilaksanakan di Jalan Antara Kota Bengkalis, sempena Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Republik Indonesia, Rabu malam.

"Pelaksanaan pawai obor/taptu, sebagai upaya untuk mengingat kembali perjuangan pahlawan merebut kemerdekaan RI," kata Bupati Bengkalis, Amril Mukminin, usai pelepasan pawai obor, Rabu malam.

Dia mengatakan, sebagaimana sebuah obor, hendaknya setiap individu menjadi seperti obor di mana menjadi penerang bagi yang lain.

"Hidupkan api kita dengan tidak mematikan api yang lain," ujar Amril memberikan perumpamaan.

Pawai obor yang diikuti sebanyak 4000 peserta dari instansi pemerintah, pendidikan, dan swasta itu dilepas langsung Bupati Bengkalis Amril Mukminin.

Sebelum dilakukan pelepasan, terlebih dahulu melakukan apel yang dipimpin langsung oleh Kapolres Bengkalis, AKBP Abas Basuni Sik.

Adapun rute yang dilewati para peserta pawai obor diantaranya mulai dari Jalan Antara Jalan Gatot Subroto, Jalan HOS Cokroaminoto, Jalan Bengkalis (Kebun Kapas), Jalan Bantan (Senggoro) kembali lagi ke jalan Antara.

Selama melaksanakan pawai obor, seluruh peserta membawakan obor sambil menyanyikan lagu-lagu nasional dan patriotisme.

Adapun rincian peserta yang akan meramaikan pawai obor ini berasal dari Pramuka sebanyak 50 orang, KNPI dan organisasi kepemudaan lainnya 100 orang. Kemudian dari kalangan perguruan tinggi sebanyak 200 orang yang berasal dari empat perguruan tinggi di Bengkalis, yakni Politeknik Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Bengkalis, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Syariah dan Akademi Komunitas Negeri Bengkalis.

Kemudian dari kalangan sekolah, mulai dari sekolah dasar (SD) sebanyak 10 sekolah dengan jumlah peserta 500 orang. Kemudian SLTP sebanyak 8 sekolah melibatkan 482 orang, SLTA 9 sekolah dengan jumlah peserta 486 orang, selanjutnya peserta terbanyak dari kalangan aparatur sipil negara (ASN) di lingkup Pemerintah Kabupaten Bengkalis sebanyak 1.800 orang yang berasal dari 36 Organisasi Perangkat Daerah. Instansi vertikal dari 5 instansi sebanyak 50 orang dan Linmas 10 desa/kelurahan di Kecamatan Bengkalis sebanyak 50 orang.