Tekan Lonjakan Harga, Bulog Riau-Kepri Luncurkan Gerakan Stabilitas Pangan

id tekan lonjakan, harga bulog, riau-kepri luncurkan, gerakan stabilitas pangan

Tekan Lonjakan Harga, Bulog Riau-Kepri Luncurkan Gerakan Stabilitas Pangan

Pekanbaru (Antarariau.com) - Badan Urusan Logistik Riau-Kepulauan Riau secara serentak Rabu, meluncurkan gerakan stabilisasi pangan di seluruh subdivisi Bulog kabupaten/kota setempat dengan agenda pasar murah untuk menekan lonjakan harga jelang Ramadan.

"Ini agenda nasional yang dilakukan serentak di seluruh kantor Bulog di Riau, Pekanbaru baik di Jalan Cut Nyak Dien, di Rumah Pangan Kita (RPK), di pasar kerja sama dengan pelaku usaha," kata Kepala Bulog Divre Riau-Kepri Awaludin Iqbal, di Pekanbaru, Rabu.

Gerakan stabilisasi pangan ini bertujuan untuk menekan agar tidak terjadi lonjakan harga bahan pangan di Riau dan Kepri dengan agenda pasar murah bagi enam komoditas bahan pokok seperti beras, gula pasir, daging beku, minyak goreng, bawang putih, dan bawang merah.

Bulog berusaha menjaga stabilitas harga dan mencegah permainan spekulan di pasaran, sehingga harga kebutuhan pokok seluruhnya akan mengacu harga eceran tertinggi (HET) yang telah ditentukan pemerintah.

Awaludin menjelaskan gerakan stabilisasi pangan ini secara serentak dimulai Rabu hingga dua pekan mendatang sebelum Ramadan. Setelah itu, akan berlanjut selama puasa hingga Idulfitri.

"Hari ini digelar pada masing-masing subdivre Bulog, Dumai, Rengat, Inhu, Inhil, Kampar dan Pekanbaru di kantor Bulog Jalan Cut Nyak Dien, gudang di Jalan Sudirman pada masing-masing wilayah buka 10 titik," ujarnya pula.

Gerakan stabilisasi pangan itu akan menjual enam komoditas yang disediakan Bulog, seperti beras, minyak goreng, gula pasir, bawang merah, bawang putih bahkan daging kerbau beku dengan harga jauh lebih murah dari pasar.

Tujuannya untuk membantu mendekatkan masyarakat dengan titik kebutuhan pokok serta memberikan harga komoditas murah bagi warga.

"Harganya jelas lebih murah dari pasar, seperti beras kualitas premium dijual Rp9.300 per kg, gula pasir Rp12.500 per kg, minyak goreng Rp11.000 per kg, daging kerbau beku Rp80.000 per kg, bawang merah di bawah Rp20.000 per kg, dan bawang putih di bawah Rp50.000 per kg," ujar dia lagi.

Menurutnya, masyarakat dapat beramai-ramai memanfaatkan pasar murah itu tanpa syarat apa pun.

Masyarakat bisa mendatangi lokasi dan titik yang terdekat di lingkungan masing-masing termasuk RPK.

"Kami sudah menyiapkan stok berapa pun, jangan khawatir selagi ada permintaan Bulog akan melayani, karena stok beras, gula pasir kita luar biasa, bawang putih sudah datang, minyak goreng juga sudah kerja sama dengan produsen, dan bawang merah asal Solok Sumbar kami pasok," katanya pula.