Karutan Pekanbaru Janjikan Data Valid Dari Tahanan yang Kabur

id karutan pekanbaru, janjikan data, valid dari, tahanan yang kabur

Karutan Pekanbaru Janjikan Data Valid Dari Tahanan yang Kabur

Pekanbaru (Antarariau.com) - Rumah Tahanan Kelas IIB Sialang Bungkuk Kota Pekanbaru berjanji akan membuat data tahanan kabur yang dirilisnya pekan lalu sejumlah 140 orang, menjadi lebih valid lagi agar mudah dilakukan pencarian.

"Iya memang ada sebagian data tahanan kabur yang tidak ada foto. Saat ini tim sedang bekerja, kami akan validkan lagi," kata Pelaksana Harian Kepala Rutan Pekanbaru, Azhar di Pekanbaru, Selasa.

Selain itu, lanjutnya, item data juga akan ditambahkan seperti tahanan itu ditangkap oleh polisi wilayah mana dan tempat kejadian perkaranya. Sekarang ini yang ada baru alamat dan bisa saja itu hanya tempat domisili di Pekanbaru atau tempat lainnya.

Masalah data lainnya juga ada tahanan yang tidak terdata dalam daftar 140 yang dirilis itu. Tapi kemudian diketahui ada setelah yang bersangkutan menyerahkan diri sementara dalam daftar tahanan kabur tidak ada.

"Kita akan evaluasi, mungkin suasana waktu itu belum pulih. Yang menyerahkan diri kami menggiring untuk masuk ke dalam dulu dan menghitung beberapa tersisa. Ada yang tidak masuk daftar karena sebagian tamping lama tidak turun, jadi ada yang hilang datanya satu dua tiga," jelasnya.

Seperti setelah data 140 itu dikeluarkan, sudah 18 tahanan dan narapidana yang tertangkap maupun menyerahkan diri. Namun dalam data 140 itu hanya 15 yang masuk dan tiga lainnya tidak dalam daftar.

Hal itu akhirnya diistilahkan dengan tahanan kabur Daftar Pencarian Orang (DPO) dan non DPO. Saat ini secara keseluruhan dari 448 tahanan yang kabur, sudah 324 yang tertangkap dan menyerahkan diri, masih tersisa 124 lagi yang masih di luar.

Dalam upaya pencarian tahanan yang masih kabur menurutnya yang penting adalah keterlibatan warga masyarakat sekitar rumah. Terutama keluarga kalau tahu ada pelarian harap kembalikan ke rutan. Dijaminnya tidak ada kekerasan daripada lari dan dikejar nanti bisa ada kontak fisik bahkan ditembak.