Ini Lima Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun Anda

id ini lima, rekomendasi tempat, liburan akhir, tahun anda

Ini Lima Rekomendasi Tempat Liburan Akhir Tahun Anda

Jakarta (Antarariau.com)- Bingung ke mana harus pergi saat liburan jelang pergantian tahun beberapa hari lagi? Simak lima rekomendasi tempat liburan untuk tahun baru dari travel blogger Satya Winnie:

1. Banda Neira

Pada akhir tahun, cuaca Banda Neira biasanya cerah dan lautnya sebening kaca. Selain menikmati alam bawah lautnya yang luar biasa, Anda bisa mewarnai liburan tahun baru dengan mengulik bangunan-bangunan bersejarah di Banda Neira. Ingin menjelajahi pulau dengan cara seru? Cobalah naik sepeda sambil makan es pala untuk menghalau dahaga.

2. Sumba

Puaskan liburan akhir tahun dengan berkeliling di pulau Sumba yang eksotis. Banyak sekali pantai-pantai menarik seperti Tarimbang, Mandorak, Walakiri, Purukambera yang bisa dinikmati untuk bersantai tanpa terganggu orang-orang yang hilir mudik karena Sumba masih relatif sepi.

Bisa juga mengulik kampung-kampung adat yang terkenal dengan kepercayaan Marapu. Selain menikmati pantai, Sumba bisa jadi tempat belajar menenun dan mengenal filosofi motif Sumba.

3. Lembata

Pulau kecil di selatan pulau Flores ini menyuguhkan panorama alam yang menakjubkan. Kita bisa berkeliling ke bukit-bukit untuk melihat lanskap pulau secara keseluruhan. Pantainya berpasir putih halus dengan air sebening kristal jadi spot asyik untuk bersantai sambil mendengar musik alam. Bisa juga sambil meneguk kelapa muda dan makan jagung bose.

4. Ternate

Hanya butuh 1,5 jam berkeliling Pulau Ternate, namun ada banyak sekali pesona yang bisa diulik! Mulai dari kuliner, budaya dan sejarah. Anda pun bisa juga mampir ke Tidore yang hanya berjarak 15 menit naik kapal.

5. Gunung Argopuro

Lebih suka gunung ketimbang pantai? Gunung Argopuro bisa jadi pilihan. Meski banyak pendaki yang memadati jalur pendakian di liburan akhir tahun, cobalah menyusuri jalur Gunung Argopuro minimal 5 hari perjalanan. Menurut Satya, tidak banyak pendaki yang memadati Argopuro karena jalurnya jauh dan panjang. Namun, jalur pendakian Argopuro justru terasa menyenangkan bagi pencinta petualangan. Sekali-sekali merayakan pergantian tahun di alam terbuka tanpa semarak kembang api dan terompet patut dicoba.