Fadli Zon Harapkan Bangunan Keraton Di Sumenep Dipertahankan

id fadli zon, harapkan bangunan, keraton di, sumenep dipertahankan

Fadli Zon Harapkan Bangunan Keraton Di Sumenep Dipertahankan

Sumenep (Antarariau.com)- Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Jawa Timur, mempertahankan keaslian bangunan keraton setempat sebagai bagian dari menjaga warisan sejarah dan budaya bernilai tinggi.

"Bangunan Keraton Sumenep merupakan aset budaya yang luar biasa. Jangan sampai rusak maupun diubah keasliannya," ujarnya di Sumenep, Jumat.

Sejak Jumat pagi hingga sore, Fadli Zon yang Wakil Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu berada di Sumenep.

Setelah berkunjung ke Asta Sayyid Yusuf di Kecamatan Talango, Pulau Talango, Fadli Zon ke Pendopo Agung Sumenep di Kecamatan Kota, yang merupakan salah satu bangunan di kawasan keraton setempat.

"Kami sudah pernah ke Sumenep beberapa tahun lalu. Namun, memang baru masuk dan melihat langsung bangunan Keraton Sumenep pada Jumat ini," kata Fadli Zon.

Dalam kesempatan itu, Fadli Zon didampingi Wakil Bupati Sumenep A Fauzi dan sejumlah pejabat forum pimpinan daerah setempat diajak berkeliling di kawasan keraton untuk melihat benda-benda bersejarah peninggalan adipati.

Fadli Zon juga sempat membasuh muka di "Taman Sare" (taman pemandian permaisuri dan putri adipati) yang berada di kawasan Keraton Sumenep.

"Kami memang baru pertama kali masuk ke kawasan Keraton Sumenep. Aura keasliannya masih terasa dan itu wajib dijaga, dipelihara, dan dilestarikan oleh pemerintah daerah sebagai warisan sejarah dan budaya bernilai tinggi," katanya.

Ia pun menilai Museum Daerah Sumenep, juga berada di kawasan keraton setempat, memiliki koleksi benda-benda bersejarah yang bisa menggambarkan kondisi Sumenep pada masa lampau.

Setelah melihat sejumlah bangunan di kawasan Keraton Sumenep, Fadli Zon bersama rombongan ke Desa Aeng Tong Tong, Kecamatan Saronggi, untuk melantik pengurus Sekretariat Nasional Perkerisan Indonesia (SNKI) Periode 2016-2021.

Desa Aeng Tong Tong adalah salah satu sentra perajin keris di Sumenep.