Dandim 0303 Bengkalis: Bangkitkan Semangat Patriotisme Melalui Peringatan Hari Pahlawan

id dandim 0303, bengkalis bangkitkan, semangat patriotisme, melalui peringatan, hari pahlawan

Dandim 0303 Bengkalis: Bangkitkan Semangat Patriotisme Melalui Peringatan Hari Pahlawan

Bengkalis (Antarariau.com)- Pemerintah Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau, menggelar apel memperingati hari pahlawan yang dipusatkan di Lapangan Tugu Kecamatan Bengkalis, Kamis.

"Peringatan hari pahlawan harus mampu dijadikan sebagai menggali api atau semangat, bukan abu atau lemah," kata Komandan Distrik Militer (Dandim) 0303 Bengkalis, Letkol Inf Rizal Faizal Helmi, saat memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan.

Ia mengatakan, api yang berarti semangat kepahlawanan itu adalah semangat rela berjuang. Berjuang mati-matian dengan penuh idealisme dan mengutamakan kepentingan umum di atas kepentingan pribadi.

Menurut dia, semangat kepahlawanan adalah semangat persatuan, persatuan yang bulat-mutlak dengan tiada mengecualikan sesuatu golongan dan lapisan. semangat kepahlawanan adalah semangat membentuk dan membangun negara.

"Terlebih, setiap zaman memiliki tantangannya tersendiri. Dan oleh karena itu, setiap zaman harus mengembangkan respon kepahlawanan yang sesuai dengan zamannya," ujar Dandim Bengkalis ini.

Dia menceritakan, setelah Indonesia merebut kemerdekaannya, semangat kepahlawanan tidak cukup hanya dengan mempertahankan patriotisme defensif. Akan tetapi butuh patriotisme yang lebih positif dan progresif.

"Patriotisme sejati bukan sekadar mempertahankan, melainkan juga memperbaiki keadaan Negeri. Untuk keluar dari berbagai persoalan bangsa hari ini, patriotisme progresif dituntut menghadirkan kemandirian bangsa tanpa terperosok pada sikap anti asing," katanya.

Melalui peringatan Hari Pahlawan ini, Dandim juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mampu menghilangkan sikap saling curiga, pecah-belah, sara dan segalanya.

"Kita harus jadi bangsa siap maju, siap bertarung dan siap menang di kampung sendiri. Tidak jadi pecundang," tegas Letkol Inf Rizal Faizal Helmi.

Pada apel peringatan Hari Pahlawan itu, turut terlihat hadir, Kapolres Bengkalis AKBP Hadi Wicaksono, Kepala Pengadilan Negeri Rustiono, Wakapolres Kompol Dhana Ananda, Asisten Tata Praja Sekretariat Bengkalis, Hj Umi Kalsum, Kadis Sosial Darmawi, Kepala Kemenag Jumari, Kapolsek Bengkalis AKP Syafri dan sejumlah pejabat pemkab Bengkalis. (ADV)