Bupati Kuansing Hadiri Festival "Parahu Baganduang"

id bupati kuansing, hadiri festival, parahu baganduang

Bupati Kuansing Hadiri Festival "Parahu Baganduang"

Kuantan Singingi (Antarariau.com)-Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau menghadiri festival Parahu Baganduang dan tradisi manjoput limau yang digelar oleh masyarakat.

"Ini adalah budaya yang turun temurun sebagai aset daerah yang perlu dilestarikan," kata Bupati Kuantan Singingi Mursini di Teluk Kuantan, Senin.

Bupati mengatakan, setiap kegiatan seni dan budaya yang menarik perlu terus ditumbuh kembangkan dengan baik walaupun dengan biaya yang minim, kekompakan masyarakat untuk itu sangat dibutuhkan agar semua berjalan optimal sebagai alat yang dapat mengundang wisatawan.

Bupati menyebutkan, ratusan seni budaya bernilai sejarah dan dapat mendatangkan peluang bisnis untuk warga, bisa menambah pendapatan keluarga karena memanfaatkannya untuk kegiatan ekonomi, bukan saja nilai seni yang dipertahankan tetapi juga bermanfaat.

"Tradisi itu bernilai tinggi, perlu di tingkatkan, masyarakat bisa menjajakan sejumlah hasil kerajinan saat seni digelar," sebutnya.

Mursini juga mengapresiasi penyelenggaraan kegiatan budaya Festival Parahu Baganduang dan Upacara Tradisional Manjopuik Limau, tanpa bantuan pemerintah dapat berjalan dengan lancar, namun demikian tahun 2017 mendatang akan dianggarkan.

"Saya minta instansi terkait dapat memasukan dalam program prioritas," ujarnya.

Bupati Mursini dan Wakil Bupati Halim didampingi Sekretaris Daerah Muharman dan sejumlah Muspida merasa terharu atas suksesnya kegiatan tersebut, dalam sambutannya mengatakan, masyarakat harus membantu dan mendukung penuh program pemerintah agar kesejahteraan dan kemajuan daerah tercapai dengan baik.

Camat Kuantan Mudik Budi Asrianto mengatakan, masyarakat dalam kesempatan itu meminta perhatian khusus Bupati agar membangun sejumlah fasilitas pendukung kemajuan objek wisata seperti peningkatan jalan agar wilayah ini lebih cepat berkembang.

"Lokasi wisata Parahu Baganduang perlu dukungan infrastruktur," ujarnya.

Jalan yang menghubungkan Desa Sangau - Banjar Guntung dan Pebaun Hulu - Pebaun Hilir lebih cepat dibangun karena sebagai penghubung dan pembuka isolasi untuk kemajuan daerah dan masyarakat setempat.