DPRD Inhu Sudah Paripurnakan Pasangan Kepala Daerah Terpilih Yopi Arianto-Khairizal

id dprd inhu, sudah paripurnakan, pasangan kepala, daerah terpilih, yopi arianto-khairizal

DPRD Inhu Sudah Paripurnakan Pasangan Kepala Daerah Terpilih Yopi Arianto-Khairizal

Rengat, (Antarariau.com) - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau, menggelar sidang paripurna istimewa pengumuman penetapan pasangan calon bupati dan wakil bupati terpilih Yopi Arianto-Khairizal yang telah memenangkan pemilihan kepala daerah pada 9 Desember 2015.

"Pada sidang paripurna istimewa ini, hanya dihadiri sebanyak 32 anggota dari 40 anggota Dewan," kata Humas Pemkab Inhu Jawalter S di Rengat, Rabu.

Ia mengatakan, sidang paripurna istimewa dihadiri Penjabat Bupati Inhu Kasiarudin SH bersama sejumlah pejabat di daerah tanpa dihadiri pasangan calon terpilih.

Ketua DPRD Inhu Miswanto membuka sidang tersebut didampingi dua wakili ketua Sumini dan Adila Ansori. "Sekretaris Dewan Eddy Warman membacakan langsung SK paslon terpilih," katanya.

Sidang paripurna istimewa yang berlangsung singkat itu sesuai sebagai amanat pasal 99 ayat 2 Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan dan Pemberhentian Kepala Daerah.

Miswanto mengatakan, dalam PP dinyatakan bahwa DPRD kabupaten mengusulkan pasangan calon bupati terpilih.

Menurut dia, mengacu kepada peraturan pemerintah tersebut, selambat-lambatnya tiga hari diusulkan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui gubernur, sedangkan pelantikan pasangan calon terpilih merupakan wewenang Mendagri.

"Sehingga pihaknya dalam prosesi pelantikan pasangan calon terpilih masih menunggu instruksi dan aturan dari Mendagri," ujarnya.

Miswanto juga menyebutkan, sejauh ini belum informasi resmi tentang prosesi pelantikan pasangan terpilih, apakah dilaksanakan di daerah atau tidak.

Penjabat Bupati Indragiri Hulu Kasirudin mengatakan, calon yang terpilih merupakan pilihan masyarakat. Untuk itu semua pihak harus mendukung semua program pembangunan agar berjalan lancar dan masyarakat sejahtera.

"Saya juga meminta calon Tengku Muktarudin-Aminah yang belum berhasil tetap memberikan kontribusi bagai daerah," ujarnya.

Semua pihak diharapkan dapat bersama-sama pemerintah untuk membangun Indragiri Hulu menjadi lebih baik maju dan berkembang pesat kedepannya sehingga apa yang dicita-citakan tercapai.