SD O28 Inhu Duta Sanitasi

id sd o28 inhu duta sanitasi

Rengat, (Antarariau.com) - Sekolah Dasar 028 Rengat Barat Kabupaten Indragiri Hulu, Provinsi Riau terpilih sebagai Duta lomba Jambore Sanitasi cabang yel-yel setelah mengalahkan puluhan SD lainnya.

" Tiga orang siswa yang membawakan yel - yel terkait pentingnya kebersihan lingkungan itu terlihat begitu semangat, apa yang diharapkan sesuai dengan target," kata Ketua Panitia Penyelenggaran Lomba Jambore Sanitasi tingkat Kabupaten Misyoto SPd di Rengat, Senin.

Ia mengatakan, sebanyak 12 kecamatan yang ikut berlomba, hanya terpilih juara pertama hingga tiga dengan perolehan niai tertinggi untuk mewakili Inhu ke tingkat Provinsi Riau.

Pemenang I dengan nilai 987 pada undian nomor 4 dari Rengat Barat, juara II adalah peraih nilai 964 dari Lirik dan ke III dengan nilai 926 yang diraih kecamatan Rengat.

" Kegiatan yang dilaksankan di pasir Penyu tersebut sangat sukses," sebutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Indragiri Hulu Ujang Sudrajad yang diwakili oleh Sekretarisnya Winaldi yang membuka acara menyebutkan bahwa, perlombaan Jambore Sanitasi tahun 2015 ini dalam rangka mencari perwakilan Indragiri Hulu untuk ke tingkat provinsi, juara pertama dari ketiga cabang yang dilombakan yakni poster, yel - yel dan karya tulis akan bersaing dengan kabupaten lainnya.

Pemenang nantinya akan mewakili Riau untuk tingkat nasional, karena itu prestasi yang diraih siswa baik tingkat SD maupun SMP sebaiknya tetap terus meningkatkan prestasi dengan cara tetap melakukan pelatihan serius dimasa tenggang waktu sebelum dikirim ke provinsi.

" Kami berharap Inhu akan meraih juara tingkat nasional," ujarnya.

Adapun tujuan Jambore Sanitasi ini adalah terwujudnya pemukiman yang bersih, bebas limbah dengan adanya keterlibatan dari pelajar karena jumlah siswa ribuan banyaknya sehinga dinilai sangat efektif dalam menyuarakan pentinnya kebersihan lingkungan itu.

Kegiatan itu sasarannya adalah siswa SD dan SMP seluruh Indonesia, dimana kedepannya akan berperan aktif dalam menularkan kepedulian sosial kepada penduduk akan pentingnya kebersihan rumah, lingkungan tempat tinggal dan secara menyeluruh.

" Sanitisi itu bukanlah istilah baru, dimana memiliki pengertian luas yakni sebuah proses prilaku masyarakat menuju yang lebih baik," terangnya.

Winaldi juga menyebutkan puluhan prestasi yang telah diraih Inhu menunjukan bahwa daerah sudah lebih maju seperti untuk lomba sekolah berwawasan gender Indragiri terpilih menjadi juara di Riau yakni SMA I Pasir penyu, sementara sekolah berwawasan lingkungan di raih SMK Rengat.