PM: Kroasia Akan Arahkan Migran Kembali Ke Perbatasan Hongaria

id pm kroasia, akan arahkan, migran kembali, ke perbatasan hongaria

Zagreb, (Antarariau.com) - Kroasia mengatakan, Jumat, pihaknya mulai mengarahkan kembali ribuan migran di wilayahnya menuju Hongaria di saat negara itu bergelut menghadapi gelombang migran yang mencari kehidupan baru di Eropa barat.

Ketika ditanya apakah pihak berwenang Zagreb akan memindahkan para migran ke Hongaria, Perdana Menteri Zoran Milanovic mengatakan, "Pilihan apa lagi yang kita punya? Ini tindakan yang sah."

"Hongaria telah menutup perbatasannya dengan memasang pagar kawat, itu bukan solusi, tapi orang-orang ini berada di Kroasia juga bukan solusi," katanya. Ia memperingatkan bahwa negara Balkan itu tidak akan menjadi "tempat berbahaya" dalam krisis migran.

Ketika ditanya kemungkinan Kroasia mengarahkan para migran ke Slovenia, Milanovic mencatat bahwa "Hongaria tiga kali lebih dekat."

Perdana menteri itu mengatakan bahwa Zagreb menerapkan "rencana kedua" dan bahwa proses pendaftaran migran akan menjadi "lebih fleksibel."

Ia juga mengkritik ketidakmampuan Uni Eropa dalam mencari solusi terhadap krisis migran terbesar yang dihadapi Eropa sejak Perang Dunia II itu.

"Masalah ini adalah hasil ketidakmampuan Eropa untuk menyelesaikan apa yang harusnya sudah diselesaikan sejak lama, di perbatasan antara Turki dan Yunani," katanya.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Kroasia Ranko Ostojic mengatakan bahwa dengan adanya 13.000 migran yang telah memasuki negara itu sejak Rabu, Kroasia sudah tidak mampu menerima lebih banyak migran.