Polres Dumai Tugaskan 120 Personel Jaga Imlek

id polres dumai, tugaskan 120, personel jaga imlek

Polres Dumai Tugaskan 120 Personel Jaga Imlek

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Kepolisian Resor (Polres) Dumai Riau menugaskan sebanyak 120 personel untuk mengawal dan mengamankan pelaksanaan perayaan Tahun Baru Imlek 2566 tahun 2015 di daerah itu.

Kepala Polres Dumai AKBP Tony Hermawan, Kamis menyebutkan, pengamanan Imlek oleh ratusan personel tersebut dipusatkan di sejumlah jalan umum, terminal dan sebanyak 14 vihara tempat peribadatan umat Konghucu.

"Sasaran pengamanan dipusatkan di vihara agar pelaksanaan ibadah dan perayaan Imlek berjalan aman dan lancar," katanya.

Dia menambahkan, selain itu, Polres juga menyiagakan sebanyak 50 personel dari berbagai satuan di Markas Polres Dumai Jalan Jenderal Sudirman untuk mendukung pengamanan Imlek.

Menurut dia, sejauh ini perayaan Imlek di kota berpenduduk 300 ribu jiwa tersebut berjalan aman dan kondusif tanpa ada gangguan keamanan yang berarti.

Pengamanan di sejumlah vihara, lanjut dia, ditempatkan sebanyak 6-8 personel polisi berseragam untuk memastikan rasa aman dan nyaman bagi warga Tionghoa yang akan beribadah.

"Sejauh ini masih aman kondusif dan anggota juga giatkan patroli keliling untuk mendeteksi gangguan keamanan yang tidak diinginkan," katanya.

Pantauan wartawan, sejak Rabu (18/2) sejumlah jalan utama di Dumai tampak sepi dari aktivitas jual-beli karena banyak pusat pertokoan dan supermarket tidak membuka seperti biasa.

Panitia Imlek 2566 Kota Dumai Acong Efendi mengimbau masyarakat Tionghoa di daerah itu agar merayakan tahun baru china ini secara sederhan dan tidak berlebihan.

"Terutama sekali diimbau supaya tidak membunyikan petasan atau kembang api pada waktu jam istirahat masyarakat umum supaya tidak menimbulkan kegaduhan dan menganggu kenyamanan," kata dia