Masyarakat Kotawaringin Barat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

id masyarakat kotawaringin, barat kibarkan, bendera setengah tiang

Masyarakat Kotawaringin Barat Kibarkan Bendera Setengah Tiang

Pangkalan Bun, (Antarariau.com) - Masyarakat Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah mengibarkan bendera setengah tiang sebagai simbol berkabung atas tragedi pesawat AirAsia QZ 8501.

"Saya memang menginstruksikan kepada seluruh instansi dan mengimbau masyarakat untuk memasang bendera setengah tiang sebagai simbol turut berkabung atas musibah ini," kata Bupati Ujang Iskandar di Pangkalan Bun, Sabtu.

Tanpa dikomando, masyarakat juga berusaha membantu dengan berbagai cara untuk mempermudah pencarian dan evakuasi korban pesawat AirAsia.

Setelah mengetahui kemungkinan pesawat jatuh di perairan yang dekat dengan Pangkalan Bun, masyarakat turut membantu melakukan pencarian.

Nelayan di Pantai Kubu dan sekitarnya membantu tim gabungan, bahkan ada yang menggunakan perahu masing-masing untuk membantu pencarian. Itu merupakan inisiatif dan dilakukan secara sukarela oleh masyarakat.

Tokoh masyarakat, termasuk penyelam tradisional pun turut serta. Namun dengan pertimbangan keamanan dan mengikuti komando dari Basarnas, kini masyarakat berpartisipasi dengan arahan dari tim gabungan.

Selain itu, para investor juga menawarkan bantuan agar tim gabungan bisa menjalankan tugas dengan baik dan maksimal.

"Ada yang meminjami peralatan, armada, mendirikan posko dan bantuan lainnya. Saya persilakan saja mereka membantu asal tidak sampai mengganggu kerja tim gabungan. Saya tidak berani menerima bantuan dalam bentuk uang dan itu saya tolak," tegas Ujang.

Pemerintah daerah, kata Ujang, melakukan berbagai upaya tanggap darurat untuk membantu tim gabungan.

Hingga Sabtu sore, sudah 30 jenazah berhasil dievakuasi dan diterbangkan ke Surabaya. Selanjutnya tim DVI Polda Jatim akan mengidentifikasi tiap jenazah, kemudian menyerahkannya kepada pihak keluarga.