Mahasiswa UNP Wakili Sumbar di Peksiminas 2014

id mahasiswa unp, wakili sumbar, di peksiminas 2014

Mahasiswa UNP Wakili Sumbar di Peksiminas 2014

Padang, (Antarariau.com) - Mahasiswi Universitas Negeri Padang, Monica Prima Aldelya, terpilih mewakili Provinsi Sumatera Barat, kategori fotografi dalam event Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) 2014 di Kota Palangkaraya, Kalimantan.

Mahasiswi berprestasi tersebut mendapatkan tiket mewakili Sumbar setelah berhasil meraih juara I di event tingkat daerah (Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida), yang dilaksanakan di Universitas Andalas (Unand) pada 7 Juni.

"Rasanya senang bisa mendapatkan peringkat pertama, sehingga bisa membawa UNP mewakili Sumbar di tingkat nasional, bersaing dengan mahasiswa utusan daerah lainnya dari 33 provinsi," kata Monic yang merupakan mahasiswa Jurusan Senirupa di Padang, Selasa.

Ia juga mengatakan, itu bukan kali pertama ia menjadi utusan Sumbar, dalam event dan kategori yang sama. Dimana pada Peksiminas XI yang dilaksanakan di Lombok pada 2012, ia juga terpilih mewakili Sumbar.

"Pada Peksiminas XI tahun 2012, setelah berhasil menang di tingkat daerah, saya juga terpilih mewakili Sumbar ke tingkat nasional. Namun pada saat itu hanya memperoleh juara harapan III," ujarnya.

Untuk event XII ini, lanjutnya, ia berharap untuk dapat meraih hasil yang lebih baik dibandingkan perolehan sebelumnya.

Sebelumnya, di Peksimida tingkat daerah 2014, Monic berhasil mengalahkan peserta lainnya dalam kategori fotografi. Peserta itu berasal dari Universitas Andalas, Institut Seni Indonesia (ISI) Padangpanjang, Universitas Putera Indonesia (UPI), dan Universitas Eka Sakti (Unnes).

Dalam kesempatan tersebut, mahasiswi UNP tahun masuk 2010 itu menceritakan, jika minatnya dalam bidang fotografi telah berlangsung lama. Minat tersebut berawal dari sekedar hobi menggunakan kamera.

"Memang senang menggunakan kamera sejak awal, kemudian masuk di Program Studi (Prodi) Desain Komunikasi Visaul (DKV) UNP, untuk mengembangkan hobi yang dimiliki," katanya.

Menanggapi prestasi itu, Humas UNP Amril Amir mengatakan pihak universitas menyambut baik kabar tersebut. Karena, menurutnya, prestasi itu secara otomatis akan memberikan citra yang positif bagi Sumbar, dan UNP.

Ia juga berharap, pada Peksiminas XII, utusan UNP itu dapat memperoleh hasil yang lebih baik dari pada masa sebelumnya.

"Pada event sebelumnya hanya mendapatkan harapan III, kali ini semoga mendapatkan emas. Universitas siap memberikan dukungan secara moril, dan materil," katanya.

Peksiminas puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa/i dalam bidang seni.

Peksiminas diselenggarakan sekali dalam dua tahun oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbud Indonesia.

Penyeleksian dimulai dari tingkat daerah melalui Peksimida, kemudian pemenang Peksimida akan menjadi utusan dari daerah masing-masing.

Untuk Peksiminas 2014, akan diselenggarakan di Kota Palangkaraya, pada 13-19 September 2014.