Disdukcapil Dumai Bagikan 1.800 Keping E-KTP Pelajar

id disdukcapil dumai, bagikan 1800, keping e-ktp pelajar

Disdukcapil Dumai Bagikan 1.800 Keping E-KTP Pelajar

Dumai, Riau, (Antarariau.com) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai siap mendistribusikan sebanyak 1.800 keping Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik atau e-KTP kepada pelajar yang telah merekam data.

Kepala Disdukcapil Dumai, Bambang Sumantri di Dumai, Kamis, mengatakan, pembagian kepingan e-KTP yang telah selesai dicetak tersebut akan diantar langsung ke sekolah tempat pelajar bersangkutan menuntut ilmu.

"Ini merupakan bentuk pelayanan dengan memberi kemudahan dari pemerintah untuk mencapai target penyelesaian perekaman data e-KTP, khusus bagi pelajar yang sudah berusia 17 tahun dengan cara langsung jemput bola," katanya.

Ribuan keping e-KTP yang akan diserahkan tersebut, lanjutnya, merupakan tindak lanjut dari proses perekaman data yang dilakukan pihaknya pada sejumlah sekolah secara keliling pada 2013 hingga awal 2014.

"Sudah 21 sekolah menengah atas yang kita kunjungi untuk melakukan perekaman data para pelajarnya yang telah berusia 17 tahun dan usia 15 tahun dengan menggunakan pelayanan mobil keliling," ucapnya.

Pihaknya belum membagikan keping identitas kependudukan sistem elektronik tersebut kepada pelajar yang masih berusia 15 tahun yang direncanakan pembagiannya dilakukan setelah mereka menginjak usia 17 tahun.

Akhir 2013 lalu, Disdukcapil Kota Dumai telah merealisasikan perekaman data e-KTP sebanyak 155.469 jiwa atau sekitar 82,29 persen dari 188.927 jiwa wajib KTP di daerah itu.

Khusus untuk rekam data di sekolah, sebutnya, dilakukan dengan cara menyurati terlebih dahulu dan menunggu permintaan serta kesiapan pihak sekolah dikunjungi petugas pelayanan perekaman data.

"Pelayanan rekam data e-KTP guna mendukung visi terwujudnya tertib administrasi kependudukan dan pencatatan sipil berbasis teknologi pada 2015. Kita berharap program ini berjalan sukses dan lancar serta terealisasi secepatnya," kata Bambang.