Daging sapi di Meranti tembus Rp160.000 per kg

id Daging sapi merangkak naik ,Harga daging sapi naik,Daging sapi di Meranti

Daging sapi di Meranti tembus Rp160.000 per kg

Penjual daging sapi di Pasar Modern, Jalan Tanjungharapan, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti. (ANTARA/Rahmat Santoso)

Selatpanjang (ANTARA) - Memasuki pekan pertama bulan Ramadan, harga daging sapi di Pasar Modern, Jalan Tanjungharapan, Selatpanjang, Kabupaten Kepulauan Meranti, tembus menvapai Rp160.000 per kilogram.

Pantauan di lapangan baru-baru ini, kenaikan daging sapi ini dipicu meningkatnya permintaan di bulan Ramadan. Harga sebelumnya masih berkisar Rp150.000 per kilogram.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kepulauan Meranti, Marwan membenarkan soal naiknya harga daging sapi pada awal Ramadan ini. Ia mengaku kenaikan harga disebabkan tingginya permintaan dari masyarakat.

"Hal itu karena jumlah permintaan yang meningkat selama bulan puasa. Tapi naiknya masih wajar," sebut Marwan, Selasa.

Tak hanya daging sapi, harga ayam potong juga naik sebesar Rp32.000 dari harga sebelumnya sekitar Rp28.000. Kemudian untuk ayam bersih juga sama naiknya menjadi Rp42.000 dari harga sebelumnya Rp38.000.

Meski demikian, Marwan menyebutkan saat ini belum ada hal spesifik yang bisa dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga yang lebih tinggi nantinya. Hal ini mengingat Lebaran Idul Fitri juga berpotensi membuat harga kebutuhan pokok di pasar semakin tinggi.

"Saat ini kita masih memantau saja karena kenaikan juga belum signifikan. Selain itu kita juga belum ada persiapan seperti operasi pasar mengingat anggaran," pungkasnya.