HUT RI- Lomba kebersihan hingga peragaan busana meriahkan HUT RI di Lapas Perempuan Pekanbaru

id Hut ri, lapas pekanbaru, hut ri 77, kemenkumham riau

HUT RI- Lomba kebersihan hingga peragaan busana meriahkan HUT RI di Lapas Perempuan Pekanbaru

Kemeriahan HUT RI di Lapas Perempuan Pekanbaru, Rabu, 17 Agustus 2022. (ANTARA/HO-Kemenkumham)

Pekanbaru (ANTARA) - Setiap 17 Agustus, rakyat Indonesia memperingati dan mensyukuri kemerdekaan bangsa dengan berbagai parade dan lomba menarik seperti melaksanakan upacara bendera hingga berbagai macam perlombaan, panjat pinang, makan kerupuk, tarik tambang, menghias sepeda, dan serta berbagai permainan tradisional.

Tak mau ketinggalan, ratusan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Perempuan (LPP) Kelas IIA Pekanbaru yang biasanya hanya mendekam di kamar hunian nampak bergembira dan bersorak sorai merasakan berbagai perlombaan yang pada Rabu (17/8) untuk memeriahkantujuh belasan ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau MJahari Sitepu didampingi Kepala Divisi Administrasi sekaligus Pelaksana Tugas (Plt) Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Achmad Brahmantyo Machmud, Kepala Divisi Pemasyarakatan Mulyadi beserta Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan di Kota Pekanbaru dan Ibu Dharma Wanita saat memasuki lapangan LPP Pekanbaru langsung disambut dengan karpet merah dan sorak sorai WBP.

Bak model yang berjalan di catwalk, Jahari Sitepu yang mengenakan busana Melayu beserta tamu lainnya yang juga mengenakan pakaian daerah sambil melambaikan bendera Merah Putih berjalan di depan warga binaan yang diiringi dengan musik pengiring.

Jahari Sitepu beserta para Kepala Divisi langsung menuju kamar hunian warga binaan untuk menilai kebersihan kamar hunian. “Kamar hunian di LPP Pekanbaru ini bersih, rapi dan wangi. Kami sebagai tim juri kesulitan menentukan siapa yang terbaik,” ujar Jahari Sitepu.

Berbagai perlombaan yang ditaja oleh LPP Pekanbaru seperti makan kerupuk, mengeluarkan bola dari kotak kardus dengan cara berjoget, lomba berjalan sambil menjunjung tampah rotan dan balon, serta tradisional lainnya diikuti oleh petugas pemasyarakatan dan warga binaan.

Bahkan Jahari Sitepu beserta Kepala Divisi pun ikut mengikuti perlombaan ini bersama dengan warga binaan. Ini membuktikan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara petugas dan warga binaan telah terjalin dengan baik.

“Saya bangga melihat kebersamaan serta semangat petugas LPP Pekanbaru dan warga binaan dalam memeriahkan hari kemerdekaan Republik Indonesia ini.

Mari kita pertahankan solidaritas dan kebersamaan ini demi LPP Pekanbaru yang tetap kondusif. Namun pesan saya, jangan coba-coba mendekati dan bermain dengan narkoba. baik itu untuk WBP maupun petugas. Apabila terbukti, maka akan ditindak tegas. Kami tidak main-main mengenai hal ini,” ujar Jahari Sitepu.