Pungli Parkir Marak Di Pekanbaru "Job Expo"

id pungli parkir, marak di, pekanbaru job expo

Pungli Parkir Marak Di Pekanbaru "Job Expo"

Pekanbaru, (Antarariau.com) - Sekelompok pemuda mengambil keuntungan dari pelaksanaan Pekanbaru "Job Expo" 2013 dengan mengutip pungutan liar (pungli) kendaraan bermotor di Pekanbaru.

Pantuan Antara pada pembukaan bursa tenaga kerja terbesar di Pekanbaru itu, Senin, sekelompok pemuda itu mengklaim sebidang tanah sebagai areal parkir di depan Hotel Mutiara tempat Job Expo berlangsung.

Lokasi parkir itu diperkirakan bisa menampung lebih dari 300 sepeda motor.

Keberadaan mereka sangat kontras karena areal parkir gelap itu bersebelahan langsung dengan lokasi parkir yang dikelola manajemen hotel.

Bedanya adalah parkiran hotel dijaga sekuriti berseragam dan mendapat nomor masuk kendaraan, selain itu parkir juga gratis. Sedangkan, pungli pada kendaraan roda dua mencapai Rp2.000 per unit.

"Memang bayar disini bang, ketentuan seperti itu," kata seorang pemuda yang mengutip uang parkir di areal tersebut.

Keberadaan pungli parkir itu menimbulkan keluhan dari para pencari kerja. Sebabnya, pungutan itu cukup memberatkan dan tidak jelas tujuannya kecuali untuk keuntungan sekelompok orang semata.

"Kami keberatan karena tarif parkirnya tidak sah, tidak ada tiket dan tidak jelas juga siapa yang menjaganya," kata Sulis (27), seorang pengunjung Pekanbaru Job Expo.

Selain itu, pungli parkir itu dinilai memberatkan karena tarif yang dikenakan lebih tinggi dibandingkan tarif parkir normal yang hanya Rp1.000 per motor.