Dumai Tunggu 30 Ribu Keping E-KTP

id dumai tunggu, 30 ribu, keping e-ktp

(antarariau.com) - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai, Riau, masih menunggu kiriman dari Jakarta mengenai 30 ribu keping kartu penduduk elektronik (e-KTP) warga yang sudah merekam data.

Kepala Disdukcapil Dumai Bambang Sumantri, Minggu mengatakan, program perekaman data e-KTP sudah mencapai 148 ribuan jiwa dari alokasi 186 ribu jiwa, tetapi 30 ribu di antaranya belum selesai dicetak dan dikirim dari Jakarta.

"Meski Dumai termasuk salah satu daerah di Riau tercepat pelayanan perekaman data, namun kita hingga kini masih menunggu 30 ribu penyelesaian e-KTP," kata Bambang.

Dia menjelaskan, pendistribusian keping e-KTP oleh pemerintah daerah dilakukan dengan sistem warga pemegang kartu identitas penduduk langsung menjemput ke kelurahan setempat atau melalui pemberitahuan RT.

"Masyarakat yang sudah diundang untuk menjemput keping e-KTP silakan langsung ke kantor kelurahan masing-masing karena penyaluran dilakukan bertahap dan boleh diwakilkan asal membawa KTP lama yang bersangkutan," kata Kadisdukcapil.

Kepada warga yang akan mengambil e-KTP, Bambang menyebutkan, diharuskan menyerahkan KTP lama untuk dikumpulkan pemerintah supaya selanjutnya menggunakan identitas baru bagi kepentingan administasi dan hak sipil kependudukan.

Pembagian e-KTP disebar melalui tujuh kecamatan dan selanjutnya disalurkan ke kelurahan untuk kemudian melibatkan RT atau RW setempat secara pertahap.

Bambang menegaskan, terkait pemfotokopian e-KTP, pihaknya mengambil jalan tengah dengan membolehkan warga Dumai memfotokopi e-KTP dan melaminatingnya untuk berbagai keperluan administrasi sipil.

"Belum adanya aturan jelas, kita membolehkan warga memfotokopi e-KTP dan melaminatingnya untuk kemudian diperbanyak jika ada keperluan administrasi. Sehingga e-KTP yang asli disimpan dengan baik supaya tidak rusak dan tidak menganggu komponen yang ada pada chip," ungkapnya.

Dia kembali mengajak masyarakat Dumai yang belum melakukan rekam data supaya berpartisipasi menyukseskan program e-KTP yang kini masih dilayani pemerintah di kantor Disdukcapil dan kecamatan.