BI sebut Blok Rokan picu pertumbuhan ekonomi Riau

id BI, Blok, Rokan, picu, ekonomi,Blok rokan, phr riau, ekonomi riau, bi riau

BI sebut Blok Rokan picu pertumbuhan ekonomi Riau

Ilustrasi - Logo Bank Indonesia. (ANTARA/REUTERS/Ajeng Dinar Ulfiana)

Pekanbaru (ANTARA) - Bank Indonesia Kantor Wilayah Riau menyatakan rencana kinerja yang disampaikan Blok Rokan tahun 2022 yang bakal mengebor sumur baru sekitar 500 lokasi, akan memicu pertumbuhan ekonomi Riau mencapai 4 persen tahun ini.

Bahkan Riau akan mampu keluar dari zona pertumbuhan rendah 2 persen yang terjadi selama kurun waktu lima tahun terakhir ini.

"Dengan produksi minyak yang terus meningkat secara gradual, akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi Riau berada pada kisaran 3-4 persen atau keluar dari tren dalam beberapa tahun terakhir 2-3 persen," kata Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Riau Maria Cahyaningtyas di Pekanbaru, Ahad

Tyas demikian sapaan awak media mengatakan, pertumbuhan ekonomi di Provinsi Riau tahun 2022 diperkirakan bakal disumbang lagi oleh sektor migas yang selama ini telah minus.

Menurutnya dengan strategi perencanaan yang cukup matang dari Pemerintah, di pusat dan daerah, bank sentral meyakini investasi pada Blok Rokan akan berdampak positif pada perekonomian Riau hingga beberapa tahun mendatang.

Dia mengakui peralihan pengelolaan migas di Blok Rokan dari Chevron Pacific Indonesia (CPI) ke Pertamina Hulu Rokan (PHR) menjadi salah satu strategi pemerintah dalam meningkatkan kemandirian energi di Indonesia.

Selain itu, peralihan tersebut dinilai akan berdampak terhadap penurunan impor bahan baku migas sehingga mendorong penurunan defisit neraca perdagangan nasional.

"Di sisi perekonomian Riau, pengalihan pengelolaan blok Rokan, akan memberikan insentif bagi pemerintah daerah dan spill over yang lebih luas bagi masyarakat, sementara peningkatan lifting karena penambahan sumur migas baru, akan mendorong pertumbuhan sektor migas Riau ke arah yang lebih baik," pungkasnya.