Kinerja Kanwil Kemenkumham Riau 2021 capai 98 persen

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, Kemenkumham

Kinerja Kanwil Kemenkumham Riau 2021 capai 98 persen

Kepala Kanwil Kemenkumham Riau, Pujo Harinto memaparkan refeleksi capaian kinerja akhir tahun 2021. (foto:Antara/HO-Humas Kanwil Kemenkumham Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham RiauPujo Harintomengatakan capaian kinerja tahun 2021 di Kanwil Kemenkumham Riau tercatat sebesar 98 persen, cukup tinggi dari target kinerja yang digariskan oleh Kementerian Kemenkumham.

"Capaian kinerja Kanwil Kemenkumham Riau sudah termasuk tinggi, dan mudahan-mudahan prestasi yang sudah teman-teman kerjakan di empat divisi menjadi catatan evaluasi kita untuk tahun 2022 agar makin lebih baik lagi," kata Pujo dalam keterangannya di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan, berdasarkan evaluasi kinerja tahun 2021, yang harus diperjuangkan pada 2002 adalah program zona integritas (ZI) Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Mudah-mudahan, katanya teman-teman media bisa membantu dalam arti positif, bahwa jika itu bagus sampaikan bagus dan jika jelek kasih tahu jelek.

"Dengan berita jelek itu betul, tentu akan kita perbaiki, dan tolong objektif, kalau bagus sampaikan bagus, tidak harus ditutupi," katanya.

Kebijakan ini, katanya adalah sebagai bagian dari pertanggungjawaban kinerja Kanwil Kemenkumham Riau kepada masyarakat dan salah satunya adalah akuntabilitas dan transfaransi itu.

Selain itu jika bicara gagal, katanya, bahkan Menteri KemenkumhamYasonna Hamonangan Laolypun tidak mau menutupinya, kalau memang ada kegagalan kegagalan seperti kebakaran, dan pelarian napi, pemukulan, itu semua bagian dari pelaksanaan program kerja dan itu ada cacatnya.

Celanya itu, katanya, tentu saja tetap diimbangi dengan berbagai prestasi, seperti beberapa penghargaan terkait aplikasi, WBK, WBBM, kekayaan intelektual, inilah biar masyarakat paham bahwa Kemenkumham Riau bekerja, termasuk menggunakan anggaran yang tersedia secara maksimal untuk kemaslahatan masyarakat dan kemajuan bangsa.

"Tidak semuanya sempurna dan selalu saja ada dan kelemahan mana yang kita evaluasi, nanti dievaluasi ternyata ada cacatnya tidak usah ditutupi dan harus disampaikan secara gamblang. Untuk realisasi belanja pegawai sudah 100 persen 101, 01 persen. ," katanya.

Selain itu capaian kinerja Kanwil Kemenkumham Riau tahun 2021 di bidang anggaran, tercatat belanja pegawai dari pagu Rp94,5 miliar terealisasi sebesar Rp95,4 miliar lebih atau tercapai 101,01 persen.

"Untuk laporan penyerapan realisasi anggaran tahun 2021 di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau disimpulkan bahwa rata-rata penyerapan satuan kerja di lingkungan kanwil 92,76 persen," katanya.

Sementara itu Satker yang memperoleh predikat WBK tahun 2021 adalah Kantor Imigrasi Kelas I TPI Pekanbaru, Kantor Imigrasi Kelas II TPI Dumai, dan Kantor Imigrasi Kelas II TPI Tembilahan.