BKHT : Hewa Di Riau Bebas Penyakit Menular

id bkht , hewa di, riau bebas, penyakit menular

Pekanbaru, (antarariau.com) - Pejabat Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan (BKHT) Kelas I Provinsi Riau menyatakan hewan ternak dan peliharaan di wilayah itu sejauh ini masih terbebas dari ragam pengakit menular.

"Sejauh ini kami belum menemukan adanya kasus hewan bahkan tumbuh-tumbuhan yang berpenyakit yang masuk dari luar daerah," kata Kepala BKHT Riau Twi Agus kepada Antara di Pekanbaru.

Dia menjelaskan, BKHT Kelas I Riau mengemban tugas mengawasi dan memeriksa setiap hewan dan tumbuh-tumbuhan baik itu berupa makanan seperti jeruk, nenas, dan sayur-sayuran dari daerah lainya di luar Riau untuk di periksa agar tidak membahayakan bagi masyarakat.

"Untuk itu, pengurusan lalu lintas komuditas tanaman dan hewan yang melaui bandara dan pelabuhan di Riau selalu kami awasi agar tidak membawa penyakit," katanya.

Peningkatan sarana dan prasarana terus, kata dia, juag terus tingkatkan dengan selalu mengecek tanaman dan hewan melalui sistem laboratorium hewan dan tumbuhan yang terletak di bandara dan pelabuhan.

"Hal ini mempermudah para petugas Balai Karantina Hewan dan Tumbuhan seperti dokter hewan untuk segera melakukan penanganan terhadap hewan dan tumbuhan tersebut," katanya.

Untuk di Bandar Udara Sutan Sarif Kasim (SSK) II Pekanbaru, demikian Twi, pihaknya memilki tiga tenaga laboratorium yang bertugas mendeteksi setiap hewan dantumbuhan yang dibawa para penumpang setiap harinya.

Sementara untuk di pelabuhan, kaat dia, juga dilakukan pemeriksaan secara intensif terhadap barang bawaan penumpang khususnya pada produk pangan dan tumbuhan. (Reindy Rudagi)