PHR WK Rokan kerjasama dengan dua politeknik di Riau dukung vokasi

id Dua politeknik,Phr, pcr

PHR WK Rokan kerjasama dengan dua politeknik di Riau dukung vokasi

VP Corporate Affairs PHR EK Rokan Sukamto Tamrin (kanan) dan Direktur PCR Dr. Mohammad Yanuar menandatangani MoU di Gedung Daerah Balai Serindit pada Selasa (7/12/2021). (ANTARA/HO-phr)

Pekanbaru (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) Wilayah Kerja (WK) Rokan menjalin kerjasama dengan dua dua institusi pendidikan tinggi vokasi di Riau, yakni Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) dan Politeknik Caltex Riau (PCR), guna menciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas.

"Peluncuran program Menara Vokasi sekaligus mengkonfirmasi bahwa program pendidikan dan pelatihan yang dijalankan WK Rokan selaras dengan tujuan yang ingin dicapai pemerintah. Penandatanganan nota kesepahaman hari ini merupakan wujud komitmen kami untuk berkontribusi terhadap upaya peningkatan keterampilan SDM lokal di Riau," kata VP Coporate Affairs PHR WK Rokan Sukamto Tamrin di Pekanbaru, Selasa.

Penandatanganan nota kesepahaman dilakukan di Gedung Daerah Balai Serindit Gubernuran Riau, Pekanbaru, seiring momentum peluncuran program nasional Menara Vokasi. Penandatanganan dokumen dilakukan VP Coporate Affairs PHR WK Rokan Sukamto Tamrin, Direktur Polbeng Jonny Custer, S.T., M.T. dan Direktur PCR Dr. Mohammad Yanuar Hariyawan, S.T., M.T. dengan disaksikan oleh Asisten I Sekdaprov Riau Masrul Kasmy dan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau Jonli.

Program Menara Vokasi diluncurkan serentak di lima provinsi secara daring, yaitu Riau, Sumatra Utara, Kalimantan Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Sulawesi Tenggara. Di setiap provinsi, pemerintah menunjuk salah satu perguruan tinggi vokasi setempat sebagai fasilitator program.

Program Menara Vokasi saat ini berupaya meningkatkan keterampilan di empat bidang prioritas, yakni permesinan, konstruksi hospitality, ekonomi kreatif, dan care service.

Peluncuran Program Menara Vokasi di Riau dihadiri langsung oleh Dr. Beni Bandanadjaja S.T., M.T. selaku Direktur Akademik Pendidikan Tinggi Vokasi Kemendikbud.

"Pendidikan vokasi sangat fundamental dalam merespons berbagai tantangan dan peluang saat ini maupun masa mendatang. Melalui Program Menara Vokasi, kita akan membuat generasi yang kompeten dan siap menjadi pemimpin di masanya," kata Beni dalam sambutannya.

Istilah Menara menggambarkan sebuah daerah yang diharapkan dapat menjadi percontohan program link and match antara dunia pendidikan tinggi dan industri.

"Semoga acara ini menjadi momentum, memicu dan pemacu kebangkitan vokasi yang menghasilkan ide-ide inovatif bagi penguatan pendidikan vokasi di Riau. Vokasi yang kuat akan juga menguatkan Indonesia," kata Masrul Kasmy.

Setelah peluncuran Program Menara Vokasi, para peserta beralih menuju lokasi acara Menara Vokasi Expo 2021 di SKA Co-Ex. Pameran tersebut diikuti sekitar 25 gerai dari berbagai lembaga pendidikan vokasi di Riau. Mereka memamerkan hasil karya, produk terbarukan, dan inovasi dari berbagai daerah di Riau.

Selain dengan Polbeng dan PCR, WK Rokan juga menjalin kemitraan dengan perguruan tinggi lokal lainnya di Riau, yaitu Universitas Riau, Universitas Islam Riau, Universitas Muhammadiyah Riau, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, dan Universitas Lancang Kuning.