Diskominfotik Riau raih penghargaan terbaik pertama KI Award 2021

id Ki award

Diskominfotik Riau raih penghargaan terbaik pertama KI Award 2021

Proses penyerahan penghargaan. (ANTARA/dok)

Pekanbaru (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau meraih penghargaan terbaik pertama sebagai pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) pembantu di lingkungan Pemprov Riau dalam acara KI Award 2021.

Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Kadiskominfotik Chairul Riski. instansi ini dianggap sebagai partner dalam PPID pembantu yang terbaik di dalam lingkungan Pemprov Riau serta mampu untuk masuk ke dalam kategori kualifikasi informatif.

Selain Diskominfotik Riau, instansi di lingkungan Pemprov Riau yang juga mendapat penghargaan di antaranya, terbaik kedua oleh Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD Riau), terbaik ketiga oleh Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) , terbaik keempat diraih oleh Dinas Kepemudaan dan Olahraga Riau dan terbaik kelima oleh Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi.

Penghargaan tersebut, diserahkan oleh Sekekdaprov Riau SF Hariyanto.

Selanjutnya, penyerahan penghargaan tersebut juga diberikan kepada Perguruan Tinggi terbaik yaitu Politeknik Kesehatan Kemenkes Riau sebagai kualifikasi informatif, Universitas Riau dan Universitas Lancang Kuning sebagai kualifikasi menuju informatif.

Penyerahan penghargaan juga diberikan kepada Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) terbaik yaitu PT Jamkrida Riau sebagai kategori kualifikasi informatif, PT Bumi Siak Pusako dan PT Permodalan Ekonomi Rakyat sebagai kualifikasi menuju informatif.

Selain itu, juga ada tiga partai politik terbaik yang menerima penghargaan yaitu, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Kebangkitan Bangsa dan Partai Golkar sebagai kategori kualifikasi menuju informatif.

Penyerahan penghargaan juga diberikan kepada instansi vertikal yaitu Bawaslu Riau dan Badan Pusat Statistik (BPS) Riau sebagai kualikasi informatif, Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Riau, Kantor Wilayah Badan Pertahanan Nasional (BPN) Riau, dan Badan Pemeriksa Keuangan Perwakilan (BPK) Riau sebagai kualifikasi menuju informatif.

Penghargaan tersebut juga diberikan kepada Kabupaten/Kota di Riau. Adapun kabupaten/kota yang menerima penghargaan di antaranya adalah, terbaik pertama diraih oleh Kabupaten Indragiri Hilir, terbaik kedua oleh Kabupaten Bengkalis dan terbaik ketiga oleh Kabupaten Kampar, sebagai kualifikasi informatif, juga ada Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Siak dan Kota Pekanbaru sebagai kategori kualifikasi menuju informatif.

Sementara itu, Ketua Komisi Informasi Riau Zurfa Irwan mengatakan dalam penganugerahan ini, pihaknya melakukan pemeringkatan dalam kategori khusus yaitu Achievement Motivation Person.

"Penghargaan khusus ini dapat kami berikan karena selama setahun terakhir kami mengamati, memantau, menyimak dan mendalami figur-figur dari pimpinan badan publik akan dedikasinya, motivasinya, komitmennya mewujudkan keterbukaan informasi publik di badan publik yang mereka pimpin," katanya.

Pihaknya juga berharap, kepada para peraih penghargaan ini ke depannya lebih meningkatkan lagi kualitasnya lebih dalam menjalankan keterbukaan informasi di Provinsi Riau.