Bengkalis boyong tiga penghargaan KI

id pemkab bengkalis,Anugerah KI

Bengkalis boyong tiga penghargaan KI

Kabupaten Bengkalis berhasil memboyong tiga penghargaan dari Komisi Informasi. (ANTARA/dok)

Bengkalis (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis berhasil memboyong tiga penghargaan pada anugerah Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau, Senin (29/11).

"Keberhasilan Pemkab Bengkalis meraih penghargaan sebagai daerah informatif tak lepas dari kerja sama dan kolaborasi dari badan publik atau perangkat daerah. Untuk itu, kami memberikan apresiasi atas peran perangkat daerah yang komitmen memberikan informasi dengan cepat, dengan tepat kepada masyarakat," ujar Bupati Bengkalis Kasmarni usai menerima penghargaan.

Dijelaskan Kasmarni, keterbukaan informasi publik dapat memberikan jaminan terhadap semua orang untuk memperoleh informasi. Hal ini untuk mewujudkan serta meningkatkan peran aktif masyarakat dalam proses pengambilan kebijakan.

“Sesuai undang-undang Keterbukaan Informasi Publik, menegaskan akses informasi merupakan hak asasi manusia,” ujar mantan Camat Pinggir ini.

Kasmarni berharap melalui penghargaan ini, dapat menambah kepercayaan masyarakat kepada pemerintah daerah khususnya Pemkab Bengkalis dalam memberikan informasi kepada publik.

"Ke depan, kami berharap Badan Publik melalui PPID Utama dituntut untuk menggelorakan semangat keterbukaan dan akuntabilitas informasi, mengingat hal ini bagian dari upaya membangun kepercayaan dan dukungan masyarakat," ucapnya.

Penghargaan pertama yakni sebagai badan publik atau daerah informatif, Kabupaten Bengkalis naik kelas dari tahun sebelumnya yakni menuju informatif. Negeri Junjungan dinilai transparan dalam menyajikan informasi anggaran, kegiatan maupun program pembangunan di Kabupaten Bengkalis.

Kemudian anugerah Figur Pimpinan Badan Publik (Achievement Motivation Person) diberikan kepada BustamiHY. Anugerah ini diberikan karena Sekda sebagai Atasan Langsung PPID dinilai mempunyai dedikasi, motivasi dan komitmen untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik pada badan publik Kabupaten Bengkalis.

Sedangkan anugerah ketiga berupa Figur Pimpinan Badan Publik (Achievement Motivation Person) kepada Kepala Desa Sebanga Kecamatan Bathin Solapan Ahmad Syahdan.