LP Perempuan Semarang deklarasikan diri bersih dari narkoba

id Berita hari ini, berita riau terbaru, berita riau antara, narkoba

LP Perempuan Semarang deklarasikan diri bersih dari narkoba

Kepala Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah, Yuspahruddin, meminpin apel deklarasi LP Perempuan Semarang Bersih dari Narkoba di Semarang, Senin. (ANTARA/IC Senjaya)

Jakarta (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Semarang menjadi penjara pertama di Jawa Tengah yang mendeklarasikan diri bersih dari narkoba, dalam deklarasi yang ditandai dengan pemberian sertifikat dari Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jawa Tengah di Semarang, Senin.

Kepala BNN Provinsi Jawa Tengah, Brigadir Jenderal Polisi Purwo Cahyoko, mengatakan, banyak LP dan rumah tahan di provinsi ini yang baru sebatas meneken pakta integritas.

Baca juga: Polisi ini ditabrak bandar narkoba saat pengejaran

"Baru LP Perempuan Semarang yang berani, harapannya menjadi contoh dan yang lain bisa ikut menyusul," katanya.

Menurut dia lapas bersih dari narkoba ini harus memenuhi prosedur standar operasional yang sudah ditentukan, mulai dari pencegahan, pemberantasan, dan pemberdayaan.

Baca juga: Berantas narkoba, Inhu merindukan kehadiran BNNK

Ia menambahkan sertifikat lapas bersih dari narkoba ini akan dievaluasi secara berkala. "Bisa dievaluasi jika nantinya memang ditemukan penyalahgunaan narkotika," katanya.

Sementara Kepala Kementerian Hukum dan HAM Wilayah Jawa Tengah, Yuspahruddin, mengapresiasi usaha keras petugas dan warga binaan Lapas Perempuan Semarang sehingga bisa dideklarasikan sebagai bersih dari narkoba.

Baca juga: Polisi Pekanbaru gagalkan penyelundupan 4.728 pil ekstasi ke Bali

"Seluruh unit kerja pemasyarakatan akan diajak agar semua bisa mendapat status bersih dari narkoba," katanya.

Deklarasi LP Perempuan Semarang sebagai lapas bebas narkoba ini, lanjut dia, merupakan bentuk dari sinergi yang baik dengan BNN Provinsi Jawa Tengah.

Baca juga: Perempuan di Inhil diamankan beserta tiga paket sabu